Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Friday, December 20, 2019

Redaksi sukabumiNews

Sertijab Kades Cibatu, Camat Cisaat Singgung Soal Fungsi dan Tugas BPD

Camat Cisaat Budianto
Camat Cisaat Budianto saat memberikan sambutan.  
sukabumiNews, CISAAT – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa menempati posisi yang sangat penting bagi kemajuan sebuah desa. Oleh karena itu maju mundurnya sebuah desa, salah satunya tidak terlepas dari sumber daya dan pengetahuan BPD dalam mengimplementasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa.

Hal tersebut disinggung Camat Cisaat Budianto dalam sambutan pada acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Pelantikan Ketua Tim Pengelola (TP) PKK Desa Cibatu priode 2019-2025 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Cibatu, Jln Siliwangi III, Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jum’at (20/12/2019).

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa, bukan bukan ikut campur dalam urusan kebijakan desa,” tegas Camat Budisanto

Dari tiga tugas ini tambah Camat, sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

Hal ini juga ditegaskan Camat Budianto dihadapan Ketua BPD Cibatu beserta para anggotanya, lantaran menginginkan desa-desa yang ada di wilayah binaannya menjadi desa yang maju, tertram dan sejahtera.

Apalagi tutur Camat, Desa Cibatu ini merupakan desa yang cukup potensial bagi pengembangan desa dan kesejahteraan masyarakatnya.

BACA Juga: Camat Budianto: CalonTerpilih Tidak Sesegera Mungkin Mengganti Perangkat Desa

Turut Hadir dalam acara tersebut, Kapolsek Cisaat AKP NR Subarna, Danrami Cisaat, MUI, Kades sebelumnya Dedi Yuspiandi beserta Istri, Para ibu-ibu PKK dan beberapa unsur tokoh masyarakat Desa Cibatu lainnya.

Di akhir acara, Ketua BPD Cibatu Ustadz Dadang Komarudin berkesempatan menutup acara sekaligus membubarkan kepanitiaan pilkades Cibatu tahun 2019. Sebelumnya, BPD juga berkesempatan ngucapkan selamat kepada Kades yang baru dilantik, yakni Sendi Agustian Maulana, serta ucapat terimakasih kepada kades sebelumnya yaitu Dedi Yuspiandi atas kebersamaan dalam mebangun Desa Cibatu selama masa kepemimpinannya.

Ketua BPD menjelaskan, meski tidak sampai satu tahun, namun pihaknya sudah bisa merasakan bagaimana perkembangan pembangunan desa selama masa kepemimpinannya. Salah satu contoh, ungkap ustadz Dadang, dia berhasil membuat sumur artesis yang mana sangat penting bagi kebutuhan desanya itu sendiri.

BACA Juga: Camat Cisaat Lantik Pjs Kades Cibatu 

Pewarta: AM
Editor: Red
COPYRIGHT SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close