Perguruan Silat Maung Bodas Gelar Ujian Kenaikan Tingkat

Azis Ramdhani
, December 31, 2019 WIB
Pencak Silat
sukabumiNews.net, KADUDAMPT - Ratusan Pesilat dari kalangan Santri Ponpes Dzikir Al Fath tingkat SLTP dan SLTA mengikuti Kegiatan Ujian Kenaikan Tingkat yang diselenggarakan oleh Perguruan Silat Maung Bodas di Bumi Cigunung Indah, Kadudampit Kabupaten Sukabumi.

Acara yang berlangsung selama dua hari, mulai dari Senin hingga Selasa (30-31/12/2019) ini dibuka secara langsung oleh Guru Besar PS. Maung Bodas, KH. Fajar Laksana.

Pencak Silat merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah tumbuh dan berkembang ke mancanegara. Bahkan, Turis mancanegara rela datang ke Indonesia untuk melihat secara langsung Proses Pembelajaran Pencak Silat dan ikut mempelajarinya,” ungkap Fajar Laksana.

Dikatakannya, salah satu Perguruan yang cukup dikenal dan berprestasi di Kota dan Kabupaten Sukabumi adalah Perguruan Silat Maung Bodas. Perguruan ini tambah dia, pernah meraih beberapa Kejuaraan, salah satunya pada Event El Jund Championship 1 Se Provinsi Jawa Barat dengan pencapaian 16 Emas, 11 Perak, dan 25 Perunggu.

Perkembangan Pencak Silat di Kota Sukabumi mulai menunjukkan peningkatan. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pesilat yang mengikuti ujian kenaikan tingkat di Kota Sukabumi. Ada Sebanyak 150 Pesilat dari Perguruan Silat Maung Bodas (PS. Maung Bodas) mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat yang digelar selama dua hari itu.

Perguruan Silat Maung Bodas sebagai wadah pemeliharaan seni beladiri Pencak Silat yang dikembangkan melalui budaya benda dan tak benda Museum Prabu Siliwangi Kota Sukabumi,” terang Guru Besar PS. Maung Bodas itu.

Lebih kanjut dia mengatajan bahwa Pencak Silat adalah salah satu Warisan Tak Benda Museum Prabu Siliwangi yang dipelihara melalui wadah Perguruan Silat Maung Bodas.

Sementara itu, Panitia UKT yang sekaligus Ketua Harian PS. Maung Bodas, Yusuf Supandi menyampaikan bahwa Tujuan kegiatan tersebut dalam rangka memper'erat tali silaturahmi antar Pesilat, serta melatih kedisiplinan dalam membentuk Karakter yang Pemberani dan Islami.

Adapun tambah Yusuf, jurus-jurus yang menjadi dasar kelulusan, terdiri dari 16 Jurus Dasar Tangan, Jurus 9 Cakar Harimau, 10 Tendangan Kaki Bawah dan Kaki Atas, Sit Up, Push Up serta mampu melewati Tantangan Halang Rintang dan Tes Mental Keberanian.

"Kami berharap dengan adanya Ujian Kenaikan Tingkat ini, anak-anak semakin bersemangat untuk berlatih Pencak Silat. Adapun tingkatan sabuk pada ujian kali ini, terdiri dari Sabuk Putih, Sabuk Putih Setrip Kuning, Sabuk Kuning setrip Hijau sesuai dengan tingkatan masing-masing peserta," terangnya.

Pewarta : Gilang Ramadhan
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+