News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Desa Cibatu Cisaat Gelar Pelatihan Bumdes

Desa Cibatu Cisaat Gelar Pelatihan Bumdes

Bumdes Raja Cibatu
Foto dok. Bumdes Rantai Baja (Raja) Cibatu Cisaat.  
sukabumiNews, CISAAT – Tumbuh kembang desa desa di Indonesia dalam lima tahun terakhir, tidak dapat lepas  dari disahkannya undang-undang tentang desa, yang mana melalui undang-undang tersebut semangat membangun desa benar-benar difasilitasi.

Akan tetapi, kita juga tidak menutup mata masih adanya kendala yang terjadi dalam menerjemahkan upaya membangun desa, hal ini dikarenakan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki desa ‘belum’ memiliki kapasitas untuk menjalankan dan menggerakkan roda perubahan sosial dan ekonomi.

“Salah satu cara yang dapat ditempuh desa dalam upaya mengembangkan desa adalah melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes,” ujar Kepala Desa Cibatu, Dedi Yuspendi kepada sukabumiNews, pada kegiatan pelatihan Bumdes yang digelar di Aula Kantor Desa Cibatu, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (26/11/2019).

Untuk itu kata Dedi, pihaknya mengadakan pelatihan, khususnya kepada para pengurus Bumdes Rantai Baja (Raja), yakni Bumdes milik Desa Cibatu, umumnya kepada warga masyarakat melaui wakil dari 8 ke-RW-an yang ada diwilayahnya.

Adapaun sambung Dedi dana kegiatan tersebut bersumber dari ADD tahap II tahun 2019.

Diempat yang sama, Ketua Bumdes Raja Cibatu, Dadung Kohar mengatakan, peresta pelatihan Bumdes ini diikuti oleh 30 orang, antara lain 8 orang peserta dari pengurus dan anggota Bumdes, wakil dari ke-RW-an sebanyak 8 orang dan polja sebanyak 14 orang.

“Adapun pemateri pada pelatihan ini didatangkan dari Dinas Perdagangan, Dekopin dan Lapenkop Kabupaten Sukabumi. Wakil dari Kecamatan Cisaat juga hdir memberikan materi,” ungkap Dadun.

Materi yang disampaikan, jelas Dadun yaitu tentang pertumbuhan Bumdes, Perkoperasian, Kewirausahaanm dan tentang Kelompok Usaha Bersama.

Pewarta : Mujib
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas