Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Tuesday, June 25, 2019

Redaksi sukabumiNews

Pasca Idul Fitri 1440 H, Ratusan Pencaker Padati Kantor Disnakertrans Kabupaten Sukabumi

sukabumiNews, LEMBURSITU – Ratusan pencari kerja (pencaker) memadati Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sukabumi di Jln Pelabuhan II KM. 06 Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (25/6/2019). Mereka bermaksud mengikuti seleksi untuk bekerja di PT. Global Star Indonesia (GSI) 1 dan GSI 2.

"Membludaknya para pencari kerja ini di karenakan mereka mendapatkan Informasi bahwa PT. Global Star Indonesia (GSI) Sukalarang dan Cikembar membuka lowongan pekerjaan,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kerja dalam Negeri dan Luar Negeri, Tatang Arifin kepada sukabumiNews diruang kerjanya, Selasa (25/6).

Selain itu tambah Tatang, banyak juga yang datang dengan tujuan membuat Surat Kuning sebagai salah satu persyaratan untuk mencari pekerjaan.

Dia mengatakan, sebelum dan pasca lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah, ditambah lagi dengan musim kelulusan sekolah, Disnakertrans Kabupaten Sukabumi banyak didatangi para pencaker.

“Kita hanya memfasilitasi saja. Jadi untuk surat lamaran si pencari kerja mengirimkannya melalui kantor pos PO BOX 123 karena kita memang sudah ada kerjasama dengan kator pos,” jelasnya.

Setelahnya diterima oleh Kantor Pos, tutur Dia, kemudia diberikan ke Disnakertrans. “Setelah itu, barulah pihak Perusahaan PT. GSI mengambil lamaran untuk menyeleksinya. Berita acaranya pun sudah kita buat,” terang Dia.

Tatang mengatakan, proses tersebut dilakukan demi meminimalisir desas-desus isu yang beredar diluar bahwa bagi yang akan bekerja di PT. GSI dipungut biaya hingga jutaan rupiah.

Adapun mengenai benar atau tidaknya isu tersebut Tatang mengaku tidak begitu jelas. Yang pasti, menurut Tatang, pihaknya hanya berupa agar terhindar dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Sekedar diketahui, PT. GSI Sukalarang saat ini menerima sebanyak 100 orang karyawan, dan PT. GSI Cikembar sekitar 214 orang.

“Setiap hari Selasa dan Jum’at kita mendapat kiriman dari kantor pos. Makanya ketika ada lowongan dari PT. GSI kami menerima setumpukan lamaran dengan jumlah yang cukup banyak." ungkapnya. 
Ditemui di tempat yang sama, salah seorang pencaker asal Tenjolaya, Kabupaten Sukabumi, Tia (22) mengatakan, dirinya datang ke kantor disnakertrans untuk mengikuti seleksi lantara beberapa waktu yang lalu ia medapatkan informasi dari Media Sosial bahwa PT. GSI menerima lowongan kerja.

Tia mengaku bahwa untuk melamar pekerjaan di PT. GSI ini sangat sulit. Nyatanya kata Tia, sudah beberapa kali mengirimkan surat lamaran, baru kali ini ia dipanggil untuk melaksanakan seleksi.

“Mudah-mudahan dengan mengikuti seleksi ini saya dapat diterima,” ucap Tia penuh harap.


Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close