Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, June 13, 2019

Redaksi sukabumiNews

APINDO Kabupaten Sukabumi : 16000 Pencari Kerja Harus mempunyai Skil

Sudarno Rais, Sekertaris APINDO Kabupaten Sukabumi.  
sukabumiNews, SUKABUMI - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi menilai permasalahan Ketenagakerjaan pasca lebaran relatif stabil untuk diperusahaan. Pasalnya saat ini belum ada investasi baru untuk disektor industri.

"Jadi tinggal turn over saja, kalau misalkan habis lebaran ini ada yang keluar paling itulah yang kita butuhkan untuk menutup kekurangannya," terang Sudarno Rais, Sekertaris APINDO Kabupaten Sukabumi, di Sukabumi, Rabu (12/6/19) kemarin.

Sementara menanggapi membludaknya jumlah pencari kerja di Kabupaten Sukabumi yang mencapai 16000 orang, Sudarno menjelaskan, hal itu bisa diatasi jika para pencari kerja (pencaker) bisa memenuhi kebutuhan skil yang dibutuhkan di perusahaan.

Baca juga: APINDO Kabupaten Sukabumi akan Lanjutkan Program Pemerintah Tingkatkan SDM Pekerja

"Tetapi perlu adanya pelatihan atau vokasi dari para pencari kerja sesuai dengan skil yang dibutuhkan perusahaan, kalau itu sudah dipenuhi saya pikir lowongan pekerjaan itu bisa dipenuhi oleh masyarakat Sukabumi sendiri,"ungkapnya.

Sudarno menambahkan, dengan adanya penambahan angkatan kerja setiap tahun merupakan hal yang wajar, lantaran setiap tahun pasti ada angkatan sekolah yang lulus, tetapi solusi yang harus dicanangkan pemerintah daerah adalah bagaimana membuat pelatihan-pelatihan khusus agar para pencari kerja tidak fokus untuk bekerja di pabrik atau menjadi pegawai.

"Dengan potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi, mereka harus dilatih untuk bisa menjadi wirausaha dan mempunyai jiwa entrepreneurship, sehingga bisa menciptakan pekerjaan," pungkas Sudarno.

Baca juga: Menyikapi Wancana Kenaikan UMK, Ketua DPK APINDO Bermaksud Lakukan Dialog dengan Serikat Buruh dan Pemerintah

Pewarta: Karim R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close