Breaking

Monday, April 22, 2019

Redaksi sukabumiNews

PKS Enggan Berandai-andai Sandi Kembali Jadi Wagub

Sandiaga Uno ketika menjabat wagub DKI. (Foto: dok. Medcom.id)
-----
sukabumiNews, JAKARTA – DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta enggan berandai-andai Sandiaga Salahuddin Uno kembali menjadi wakil gbernur DKI Jakarta. Ketua Dewan Syariah Wilayah PKS DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi ogah membahas itu sampai KPU mengumumkan hasil penghitungan suara Pilpres 2019.

"Kami masih optimis Pak Prabowo dan Pak Sandi jadi presiden dan wakil Presiden. Kalau sudah pengumuman barulah kita bicara (wagub DKI)," tegas Suhaimi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2019.

Ia juga enggan membayangkan kekalahan Prabowo-Sandi. Perencanaan di luar itu harus dilakukan setelah hasi penghitungan Pemilu Serentak 2019 dipublikasikan.

Desas-desus kembalinya Sandiaga Uno sebagai orang nomor 2 di DKI kian santer. Terlebih, Sandi kalah dalam pertarungan Pilpres 2019, berdasarkan hasil hitung cepat maupun real count sementara di KPU.

Pada dasarnya, tak ada aturan melarang Sandi kembali ke Balai Kota. Fakta itu pun ditegaskan Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik.

"Tidak ada aturan yang melarang, tapi itu sangat tidak etis," kata Akmal saat dihubungi, Kamis, 18 April 2019, seperti dikutip laman Medcom.id.

Di sisi lain, proses pemilihan cawagub yang digodok PKS-Gerindra otomatis batal bila Sandi kembali menjabat. Dua nama yang diajukan harus ditarik.

"Ketika ingin (masuk) harus menarik lagi (dua cawagub yang sudah diusung). Harus ada argumentasi yang jelas kenapa ditarik. Publik pasti bertanya itu," tegas Akmal.

Namun, Akmal menyadari Gerindra-PKS paling berhak menentukan siapa 'pemilik' kursi DKI 2. Proses pemilihan juga berada di tangan kedua partai pengusung.

Gubernur DKI Anies Baswedan hampir delapan bulan 'menjomblo'. Proses yang dijalankan panitia khusus terkait pemilihan wagub mendek di meja DPRD DKI. Namun, menurut Akmal, tidak ada batasan waktu menentukan calon pendamping Anies.[]

BACA JugaPKS Persilakan Sandiaga Kembali Jadi Wagub DKI
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close