Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Monday, November 19, 2018

Redaksi sukabumiNews

Dampak Negatif Akibat Berburuk Sangka

[Oleh: ustManatahan]

BURUK sangka bisa timbul akibat kita tidak mengakui kelebihan atau keberhasilan orang lain.

Kebiasaan ini tidak akan dapat memajukan kehidupan kita sebab hanya akan mengganggu kemampuan untuk berkonsentrasi dan focus pun hilang. Jika ini terus terjadi maka kehidupan kita tidak dapat berlangsung secara lebih efisien dan efektif.

Dan kebiasaan ini merupakan penyakit sosial yang harus di jauhi.

Allah Ta’ala berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan berprasangka, karena sesungguhnya sebagian tindakan berprasangka adalah dosa dan janganlah kamu mencari-car kesalahan orang lain” [Al-Hujurat : 12]

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا

Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara” [1]. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari hadits no. 6064 dan Muslim hadits no. 2563

Dampak Negatif yang akan Menimpa Akibat Berburuk Sangka;

1.    Mengganggu konsentrasi dan fokus terhadap pekerjaan (aktivitas) yang dilakukan dan berpotensi menganggu jiwa dan kesehatan mental.
2.    Pemborosan energi, waktu dan kesempatan.
3.    Melatih hati untuk iri dan dengki kepada orang lain.
4.    Menjurus menjadi ejekan, hinaan dan bully.
5.    Ada kecenderungan menyombongkan diri.
6.    Berujung pada sikap prasangka buruk.
7.    Berubah menjadi gosip.
8.    Mengganggu bahkan merusak hubungan anda dengan orang lain.
9.    Beburuk sangka secara berlebihan hanya akan menimbulkan penyakit dendam kesumat yang pada akhirnya kalau dibiarkan akan merusak diri.
10. Sulit untuk bahagia.

Jika perasaan buruk sangka ini terus menerus dikembangkan, dapat dipastikan kita tidak akan memperoleh kebahagiaan dalam hidup ini, karena perasaan kita selalu diliputi oleh rasa dengki dan iri hati.

Sumber: ustManatahan

Share..! Semoga Bermanfaat..!
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close