Breaking

Saturday, October 27, 2018

Redaksi sukabumiNews

Pengelolaan Bansos Rasta di Desa Parungseah Cukup Efektif dengan Mesin EDC

Pengelolaan Bansos Rasta di Desa Parungseah Cukup Efektif dengan Mesin EDC
Sukabumi, SUKABUMINEWS.net – Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Bansos Rasata) merupakan program pemerintah yang harus jelas diterima oleh masyarakat kurang mampu pemegang kartu Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah terintegrasi dengan dana bantuan atau subsidi pemerintah.

Hal ini dikatakan Asep Ismail, Kades Parungseah ketika ditemui sukabumiNews saat mengadakan kegiatan pemberian Bansos Rasata oleh Bumbes Sejahtera. di kantor desanya di Jln. Parungseah Kecamatan dan Kabupaten, Sabtu (27/10).

Sementara itu untuk memudahkan sistem pengelolaan bantuan dana pangan non tunai Bumdes Sejahtera Desa Parungseah menggunakan mesin Electronic Data Capture (EDC).

Asep juga menjelaskan bahwa pengelolaan dana pangan non tunai ini sepenuhnya di kelola oleh Bumdes Sejahtera. “Dengan demikian harapan bahwa banyak manfaat pemberdayaan Bumdes yang menjadi mitra usaha dari program tersebut,” tuturnya.

Di lain pihak, Direktur Bumdes Sejahtera Ujang Mulyadi mejelaskan bahwa pengunaan mesin EDC memiliki multi manfaat. “Selain memudahkan sistem pengelolaan bantuan dana pangan tadi, ini juga sangat bermanfaat bagi yang terlibat di pengelolaan dana bantuan ini,” kata Ujang Mulyadi.

Manfaat lain jelas Ujang, penerima bantuan akan lebih akurat dan tepat sasaran. “Selain itu antrian juga lebih tertib, dan perbandingan dana bantuan dengan pangan lebih seimbang, serta biaya distribusi lebih hemat dan cepat walaupun sesekali ada masalah jaringan internet (server) error,” jelasnya.

Ujang menambahkan, ke depan bumdes yang dikelolanya akan mengarahkan program ke potensi yang lain seperti Posyandu yang mengelola tagihan listrik dan token listrik yang di pastikan semua ini punya kontribusi dana lebih untuk uang kas masing-masing posyandu. “Sehingga kesebelas personil Bumdes Sejahtera ini bias melaksanakan tugas dan fungsi nya masing-masing dengan baik,” tutupnya.

[Pewarta: Karim R.]
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu