Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, October 28, 2017

Redaktur

Kompaknya Warga Caringin Antusias Ikut Jalan Sehat Hari Jadi ke-72 Kabupaten Sukabumi

sukabumiNews, CARINGIN - Warga Kecamatan Caringin berhasil memecahkan rekor untuk jumlah peserta jalan sehat di kecamatan tersebut. Baru kali ini, jumlah peserta jalan sehat di Kecamatan Caringin mencapai jumlah di atas 2.000 orang yaitu dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Kabupaten Sukabumi. Sebelumnya, beberapa kali jalan sehat di Caringin, pesertanya sekitar 1.000 orang. Tingginya jumlah peserta jalan sehat itu menunjukkan antusiasme masyarakat kepada acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.   
           
PHOTO: Camat Caringin Boyke Martadinata mengibarkan bendera start untuk memberangkatkan peserta jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Sukabumi.
Para peserta jalan sehat dilepas dari lapangan di depan Kantor Kecamatan Caringin pada Sabtu (7/10/2017) atau enam hari setelah puncak peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Sukabumi yang jatuh pada Minggu (1/10/2017). Mereka dilepas oleh Camat Caringin Boyke Martadinata didampingi unsur muspika setempat antara lain Kapolsek Caringin, Iptu Rafik Rahadiansyah. Sebelum jalan sehat dimulai, panitia menyuguhkan berbagai acara hiburan dengan peralatan band lengkap di atas panggung.


           
Kapolsek Caringin Iptu Rapik Rahadiansyah yang belum lama memangku jabatannya sempat unjuk kebolehan dengan menyumbangkan sebuah lagu berjudul Ku Tak Bisa yang dipopulerkan grup musik legendaris, Slank. Tak pelak aksi memukau Rapik mendapat sambutan meriah warga yang memadati tempat acara. Suara Rapik tidak kalah kelas dengan para peserta audisi olah vokal di televisi bahkan boleh jadi dibandingkan dengan penyanyi aslinya sekalipun. 
           
Dalam sambutan saat melepas peserta jalan sehat, Camat Boyke mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu wujud rasa syukur atas limpahan karunia kepada Kabupaten Sukabumi yang tengah berulang tahun. Dalam hal ini, aparat pemerintah dan perangkat desa yang bertugas di wilayah Kecamatan Caringin bersama masyarakat secara serempak memanjatkan doa disertai ungkapan terima kasih kepada Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat yang dilimpahkan kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi.
           
Selain itu, kata Boyke, kegiatan tersebut juga sebagai bentuk imbauan moral kepada masyarakat agar selalu menggalakan dan membudayakan olahraga. Karena dengan rajin berolah raga, kondisi jiwa dan raga akan selalu fit menyongsong hidup yang lebih baik.
           
"Kesehatan itu mahkota yang tidak ternilai harganya. Kesuksesan apapun harus ditopang dengan pola hidup sehat yang salah satunya melakukan olahraga secara teratur dan kontinyu. Hikmah lainnya yang bisa dipetik lewat kegiatan ini adalah dapat mempererat hubungan silaturahmi antara pemerintah dan warga Caringin," kata Boyke. 
           
Pada jalan sehat itu, para peserta menempuh rute yang melewati beberapa ruas jalan, gang, pesawahan, ladang, dan perkampungan di wilayah Kecamatan Caringin. Dari tempat berangkat hingga ke lokasi finish, para peserta harus melewati tiga pos penjagaan. Pos pertama di halaman depan gedung Panti Yatim Al-Andalusia di Kampung Caringin Lebak, Desa Caringin Kulon dengan petugas jaga  Maman dan Deni Parlan. Pos jaga dua di Caringin Dengong dengan petugas jaga Topik Hidayat, Deni Hasbi, Iyus, dan Santi Irawan. Pos jaga tiga di Kampung Jawura, Desa Mekarjaya dengan petugas jaga Dida Sahida, Solahudin,  dan Usman. 
           
Ketua panitia pelaksana Ening Lasminingsih menjelaskan, kegiatan jalan sehat bisa terlaksana berkat kerja sama semua kalangan di Kecamatan Caringin. Partisipasi masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung mendorong suksesnya rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Sukabumi, termasuk jalan sehat. Panitia juga, ujar Ening, mendapat kontribusi dari pihak sponsor yakni Minyak Angin Freshcare berupa antara lain barang-barang untuk hadiah dan doorprize.
           
Dari semua peserta, satu di antaranya yakni Zulfi Fauzi mendapat hadiah sepeda gunung. Zulfi yang tinggal di Kampung Bojong, Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin sangat gembira dapat membawa pulang sepeda gunung. Dia tidak menyangka hadiah tersebut jatih ke tangannya. Zulfi berdoa untuk tercapainya kemajuan  dam terwujudnya kesejahteraan rakyat di Kabupaten Sukabumi.
           
Di penghujung acara, jajaran panitia membagikan paket sembako kepada kaum dhuafa. Untuk pembagian paket sembako tersebut, panitia mengundang warga kurang mampu yang berdomisili di wilayah Kecamatan Caringin.
           
"Warga yang kurang mampu merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Saya sendiri bukan orang mampu, tapi masih banyak warga yang hidupnya lebih nestapa dibandingkan saya. Mereka berhak menerima uluran tangan dari orang-orang mampu. Dengan adanya pembagian sembako, kaum dhuafa merasa tehibur dan terbantu oleh kegiatan jalan sehat," jelas Ening.
           
Ditemui di tempat terpisah, Ade Hebot, warga Desa Sukamulya,  Kecamatan Caringin mengusulkan, kegiatan ini dijadikan agenda tahunan. "Di samping menyenangkan juga menyehatkan, berhadiah lagi. Kalau bisa kegiatan jalan sehat seperti ini diadakan secara reguler untuk menunjukkan kalau Caringin itu dalam kondisi aman, tenteram, dan cinta damai," ujarnya. USEP MULYANA
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu