News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Diduga Gunakan Bahan Kimia Dinas LH Kabupaten Asahan Uji Limbah PT SAJO

Diduga Gunakan Bahan Kimia Dinas LH Kabupaten Asahan Uji Limbah PT SAJO

Dinas LH (DLH) Kabupaten Asahan didampingi personal PT SAJO saat mengambil sample limbah di areal lokasi pembangunan limbah PT. (Foto: ZN)

sukabumiNews.net, ASAHAN (SUMUT) – Sejumlah warga masyarakat Asahan meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar mengambil sample limbah PT SAJO yang belokasi di Desa Tangga Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Pasalnya, mereka menduga bahwa perusahaan yang merupakan Rekanan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA ) Asahan III, Simijhu Adhi Karya Join Operasional (SAJO) sebagai pihak ketiga ini menggunakan bahan kimia penghancur batu padas dan petrun.

Akibatnya, pembuangan limbah yang dialirkan ke Sungai Asahan  tersebut membuat warga menrasa tak nyaman dengan bau menyengat yang dirasakan mereka.

“Untuk itu, kami (warga) meminta agar DLH Asahan mengambil sample limbah PT SAJO tersebut,” ucap salah satu warga Asahan terdampak yang namanya oleh sukabumiNews.net mintak tidak dipublisasikan, Rabu (15/12/2021).

Terkait persoalan itu, Kepala DLH Kabupaten Asahan, Agus Jaka Putra Ginting saat meninjau ke lokasi mengatakan, pihak DLH sudah melakukan peninjauan ke lapangan dengan pengambilan sample air limbah dari kegiatan PT SAJO.

“Selain itu, pihak DLH juga telah memberikan pembinaan kepada pihak PT SAJO dalam pengelolahan lingkungan yang mana hasil pengujian sample limbah kimia COD dan BOD nya PT SAJO selama 14 hari kedepan,” kata Agus Jaka, Selasa.

Sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asahan, Agus Jaka mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat dan pecinta lingkungan atas perhatianya terhadap lingkungan di wilayah Sungai Asahan.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan pembangunan dengan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan,” harap mantan Camat Kisaran Barat ini mengakhiri.

BACA Juga: Polres Asahan Tanggapi Soal Keberadaan Limbah Pabrik yang Selama Ini Dikeluhkan Warga

Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas