News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Gan Kim Yong Optimis Perbatasan Darat dengan Malaysia Bisa Dibuka Sekitar Akhir November

Gan Kim Yong Optimis Perbatasan Darat dengan Malaysia Bisa Dibuka Sekitar Akhir November

Antrean truk di sepanjang Causeway menunggu untuk kembali ke Malaysia menyusul pengiriman di Singapura pada 11 November 2021. (Foto: AFP/Roslan Rahman)

sukabumiNews.net, SINGAPURA – Menteri Perdagangan dan Industri Gan Kim Yong mengatakan, Pihak berwenang bekerja untuk membuka perbatasan darat antara Singapura dan Malaysia pada akhir November, tetapi rinciannya masih sedang dikerjakan.

Menanggapi pertanyaan wartawan pada konferensi pers virtual, Gan, yang mengepalai gugus tugas multi-kementerian COVID-19, mengatakan bahwa otoritas Singapura dan Malaysia "bekerja sangat erat" untuk menyelesaikan rincian operasional.

Pada hari Kamis, media Malaysia melaporkan Ketua Menteri Johor Hasni Mohammad mengatakan bahwa jalur perjalanan vaksin darat (VTL) antara Singapura dan Malaysia akan dibuka pada 29 November, hari yang sama dengan VTL udara antara Kuala Lumpur dan Singapura.

“Saya optimis kita akan dapat meluncurkan VTL ini untuk putaran darat sekitar akhir bulan ini, mendekati peluncuran VTL untuk udara. pada hari yang sama," kata Gan, dilansir laman channelnewsasia (CAN), seraya menambahkan bahwa dia berharap untuk membagikan lebih banyak detail minggu depan.

Namun, dia mengatakan bahwa hal-hal tidak mungkin kembali ke hari-hari sebelum pandemi ketika ratusan ribu orang menyeberang antara Singapura dan Johor Bahru setiap hari.

"Kami akan mulai dengan jumlah yang lebih kecil, dengan kuota batas tertentu," katanya.

"Prioritasnya benar-benar memungkinkan keluarga yang telah lama berpisah sejak awal COVID-19 ... untuk bersatu kembali dengan anggota keluarga mereka."

Dia menambahkan bahwa fase pertama VTL untuk tanah akan fokus pada kelompok orang ini sebelum memperluas cakupan untuk lebih banyak orang untuk bepergian.

“Saya pikir penting juga bagi kami untuk memastikan bahwa kami dapat melakukannya dengan cara yang aman, melalui tes dan sebagainya untuk memastikan bahwa tanah VTL ini akan terus dapat memungkinkan warga dan penduduk tetap dari kedua sisi dan warga di kedua sisi untuk bepergian dengan aman," katanya.

Menanggapi pertanyaan lain dari wartawan tentang tindakan perbatasan Singapura secara umum, Menteri Keuangan Lawrence Wong mengatakan bahwa tindakan tersebut akan terus ditinjau dan disempurnakan.

Dia mengatakan bahwa Singapura melihat berbagai indikator untuk mengklasifikasikan negara menurut status risikonya, dan membuat pembaruan berkala pada sistem perjalanannya setiap dua minggu.

Mr Wong menambahkan bahwa Singapura sekarang memiliki tingkat infeksi yang relatif tinggi dibandingkan dengan banyak negara lain.

Semakin, fokusnya tidak hanya pada tingkat infeksi saja tetapi untuk waspada terhadap varian baru yang menjadi perhatian, tambahnya.

“Saat kita bergerak menuju situasi yang lebih endemik, seperti juga negara-negara lain, fokus kami tidak hanya pada tingkat infeksi saja, tetapi benar-benar untuk waspada terhadap varian baru, terutama varian yang menjadi perhatian yang mungkin menjadi lebih resisten terhadap vaksin." katanya.

Editor: AM
Sumber: Channelnewsasia
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas