News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati HSN, Dayah Gayo Lues Berharap Dapat Tercipta Seribu Bahkan Sejuta Hafiz

Peringati HSN, Dayah Gayo Lues Berharap Dapat Tercipta Seribu Bahkan Sejuta Hafiz

Sekda Kabupaten Gayo Lues Ir Rasyidin Porang saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Foto: sukabumiNews/Amin Lingga) 

sukabumiNews.net, GAYO LUES (ACEH) – Dinas Pendidikan atau Dayah Kabupaten Gayo Lues, bekerja sama dengan Kandepag Kabupaten Gayo Lues Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN).

Kegiatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 22 Pondok Pesantren se-Kabupaten Gayo Lues. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda Kab) Gayo Lues, Lues Ir Rasyidin Porang.

Hadir juga dalam HUT Santri ke-7 tahun 2021 bertema "Santri Siaga Jiwa Raga" ini Waka Polres Gayo Lues, Ketua Pengadilan Negeri Gayo Lues, Kepala Badan Dayah Kabupaten Gayo dan beberapa undangan lainnya.

Dalam sambutannya Rasyidin Porang menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues, karena ada beberapa tugas di luar kota.

Meski begitu, Sekda berharap kegiatan ini berlangsung dengan meriah dan lancar, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

“Dalam masa pandemi ini kita juga harus selalu menjaga prokes dengan selalu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan,” ucapnya.

“Dan alhamdulillah pada hari santri ini semua Pesantren mendapatkan kado terindah dari Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo berupa peraturan presiden nomor 82 tahun 2021 tentang pendanaan penyelenggaraan pesantren,” kata Rasyidin Porang.

Peraturan presiden ini, terang dia, secara khusus mengatur tentang dana abadi pesantren yang di alokasikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia pendidikan pesantren.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan (Ka Disdik) Dayah Kabupaten Gayo Lues Andy Projoastowo menyampaikan harapan agar para santri dapat menjadi motor penggerak dalam menciptakan Gayo Lues sebagai negeri seribu bukit.

Dia juga berharap kepada seluruh Pimpinan Pondok Pesantern yang ada di Kabupaten Gayo Lues bahwa dalam masa pandemi ini agar segera 
mempercepat vaksinasi terhadap para santrinya.

"Dengan begitu mudah-mudahan daerah kita terhindar dari wabah yang sedang melanda negeri kita saat ini yaitu covid 19 yang lebih di kenal dengan Corona," ucap Andy Projoastowo.

Di tempat yang sama, Kabid Santri Badan Dayah Kabupaten Gayo Lues, Sahali, S.Pd., kepada sukabumiNews.net mengatakan dalam rangka memeriahkan HUT Santri yang ke 7 ini pihaknya menggelar sejumlah kegiatan seperti seperti carnaval, atraksi silat, sejumlah kegiatan lainnya.


“Kegiatan ini juga diikuti sejumlah Pesantren, ya, kurang lebih ada 22 Pondok Pesantren yang ikut dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Sahli berharap, semoga ke depan Santri ini selalu siap jiwa raga dalam membangun negeri tercinta, sesuai dengan tema HUT Santri kali ini yaitu “Santri Siaga Jiwa Raga”.

“Selain itu, kami juga berharap Para Santri dapat menjadi motor penggerak bagi negeri seribu bukit ini. Dan kita berharap juga semoga dapat tercipta seribu Hafiz di daerah kita, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues. Kalau bisa, tidak seri, bahkan sejuta Hafizh,” tandasnya.

Penampilan Anak PAUD Tafidz Bunaya Pining Memukau Penonton


Ada yang memukau penonton di acara peringatan HSN ini, yaitu ketika 6 anak PAUD Tafidz Bunaya Pining yang masih berusia di bawah 5 tahun tampil. Mereka dengan sangat pasih menghapal ayat-ayat Al-Quran di 
Gedung Bale MUSARA, depan Pendopo Bupati Gayo Lues.

Pemilik Yayasan Pendidikan Tafidz Al-Quran Bunaya, Nurhayati Sahali mengatakan bahwa anak anak yang tampil tadi bisa menghapal ayat-ayat Alquran, termasuk surat An-Naba dengan hanya belajar selama 20 hari.

“Anak-anak ini adalah contoh generasi penerus kita, semoga kita memang dapat mencapai visi dan misi Bupati Gayo Lues untuk menjadikan negeri kita ini menjadi negeri Seribu Hafizh,” ucapnya.

Adapun tambah dia, mengenai tenaga pengajar di PAUD Tafidz Bunaya Pining ini berasal dari berbagai daerah.

“Bahkan ada salah satu tenaga pengajar kita berasal dari Solo,” tutupnya.

Pewarta: Amin Lingga
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas