News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Uni Emirat Arab Resmi Buka Kedutaan Besar di Israel

Uni Emirat Arab Resmi Buka Kedutaan Besar di Israel


sukabumiNews.net, TEL AVIV – Uni Emirat Arab (UAE) resmi membuka kedutaan besar di Tel Aviv, Israel pada Rabu (14/7/2021) yang dihadiri Presiden Israel Isaac Herzog.

Pembukaan kedutaan yang terletak di gedung Bursa Efek Tel Aviv itu dilakukan setelah peresmian kedutaan besar Israel di UAE bulan lalu.

Dilansir Reuters, kedutaan besar UEA yang baru diresmikan itu terletak di dekat Bursa Saham Tel Aviv.

Langkah itu dilakukan setelah pada Juni lalu Israel meresmikan kedutaan besar di Abu Dhabi dan Dubai.

"Sejak normalisasi hubungan, kami melihat peluang di bidang perdagangan dan investasi. Kami meneken perjanjian kerja sama di berbagai bidang mulai dari ekonomi, perhubungan udara, teknologi dan budaya," kata Duta Besar UEA di Tel Aviv, Mohamed Al Khaja, dalam jumpa pers.

Presiden ISrael, Isaac Herzog, yang hadir dalam peresmian kedutaan besar UEA menyatakan langkah ini adalah titik penting perjalanan di antara kedua menuju perdamaian, kemakmuran, keamanan dan masa depan di kawasan Timur Tengah.

"Melihat bendera UEA berkibar di Tel Aviv masih seperti mimpi setahun yang lalu. Dalam banyak tidak ada hal lain yang lebih lazim dan natural dari pemandangan ini," kata Herzog. Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, mengatakan nilai kerja sama perdagangan kedua negara sejak normalisasi hubungan sudah melampui US$675 juta (sekitar Rp9.7 triliun).

UEA dan Bahrain meneken perjanjian normalisasi hubungan dengan Israel berjuluk Abraham Accord melalui perantara Amerika Serikat pada tahun lalu.

Penandatanganan secara simbolis dilakukan di Gedung Putih, Washington D.C., pada masa pemerintahan Presiden Donald Trump.

Perjanjian Abraham merupakan pernyataan bersama antara Israel, UAE, dan Amerika Serikat pada 13 Agustus 2020 tentang normalisasi hubungan Israel dengan Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas