News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Barantan Tanjung Balai Berkomitmen Dorong Akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian di Indonesia

Barantan Tanjung Balai Berkomitmen Dorong Akselerasi Ekspor Komoditas Pertanian di Indonesia

Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan Edward Syam, SP, MM (kiri) saling memberikan plakat dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi. (Foto: ZN) 

sukabumiNews.net,  ASAHAN (SUMUT) – Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen dalam memfasilitasi serta mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian di Indonesia.

Salah satu bukti dari komitmen tersebut adalah dengan melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan Instansi terkait, baik dari pemerintah daerah, dinas-dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan serta instansi lain di lingkungan Kementerian Pertanian.

Demikian disampaikan Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan Edward Syam, SP, MM., pada kegiatan sosialisasi program Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) 2024 komoditas pertanian yang digelar di Aula Hotel Marina Kisaran, Selasa (8/6/2021).

Hadir dalam sosialisasi dalam rangka menyukseskan pembangunan pertanian di wilayah layanan Karantina Tanjung Balai Asahan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M.Si., Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan Edward Syam, SP, MM.

Turut hadir dalam kegiatan ini KPPBC Kuala Tanjung, KSOP Tanjung Balai Asahan, Kepala BPS Kabupaten Asahan, Pelindo Tanjung Balai, Perwakilan dari Dandim 0208/Asahan, Perwakilan dari Kapolres Asahan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, dan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, serta pelaku usaha dan tamu undangan lainnya.

“Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian berkomitmen dalam memfasilitasi serta mendorong akselerasi ekspor komoditas pertanian di Indonesia dengan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi terkait, baik dari pemerintah daerah, dinas-dinas yang membidangi pertanian, perkebunan dan perdagangan serta instansi lain lingkup Kementerian Pertanian,” ujar Edwar dalam sambutannya.

Edwar menyebut, salah satu program Kementrian Pertanian yang sedang dijalankan tahun ini adalah Progam Gratieks (Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor) yaitu gerakan peningkatan ekspor pertanian yang digagas oleh Presiden RI yang kemudian disambut oleh Mentan Syahrul Yasin Limpo dengan program Gratieks.

"Gratieks merupakan langkah strategis program jangka panjang dalam meningkatkan sisi produksi hingga 7 % per tahun, sekaligus merealisasikan arahan Presiden dan Mentan dalam mendorong roda ekonomi nasional," jelasnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi., dalam sambutannya menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan pihaknya mengucapkan terima kasih apresiasi yang setinggi-tingginya atas edukasi yang diberikan kepada masyarakat pelaku usaha dan UMKM tentang gerakan tiga kali lipat ekspor di Kabupaten Asahan.

Menurutnya, hal ini sangat bersinergi dengan visi misi dan program Bupati pada penjabaran poin 2, 3 dan 4 yakni, meningkatkan kerjasama intensif dengan pelaku usaha dan kelompok masyarakat, meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi serta menciptakan iklim yang kondusif dan kemudahan investasi bagi pengembangan usaha dalam menciptakan lapangan kerja.

“Dengan pelaksanaan kegiatan gerakan ini kami berharap semoga dapat mendorong dan mengedukasi para pelaku usaha UMKM untuk memasuki pasar ekspor atau pasar global,” kata John.

“Selain itu, kegiatan ini juga mudah-mudahan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan capaian ekspor juga sebagai ajang untuk meningkatkan daya saing di pasar global serta dapat meningkatkan devisa negara pada umumnya dan Kabupaten Asahan pada khususnya di masa pandemi covid 19 saat ini,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini Kepala Karantina Pertanian Tanjung Balai Asahan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan saling memberikan plakat.

Zulham Nainggolan
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas