News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Selain Agrowisata Shalehah, Ada Agrowisata Religi Gua di Ponpes Tahfidl Quran Humaira

Selain Agrowisata Shalehah, Ada Agrowisata Religi Gua di Ponpes Tahfidl Quran Humaira

Gua Sukamantri atau Gua Sedong yang terdapat di lokasi Ponpes Tahfidl Qur'an Humaira. (SUKABUMINEWSFOTO/ Prim RK) 

sukabumiNews, CISAAT – Yayasan Pondok pesantren (Poppes) Tahfidl Qur'an Humaira yang berlokasi di Desa Sukamantri Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi, Jawabarat, selain tempat agrowisata shalehah, Ponpes ini juga memiliki Gua Sukamanti yang bisa dijadikan agrowisata religi.

Memang, dari hasil penelururan sukabumiNews, lokasi Ponpes ini memiliki nuansa alam yang sangat indah. Hamparan pesawahan, kebun, kolam dan taman-taman bunga yamg mengelilingi lokasi Ponpes Putri Tahfidl Qur’an Humaira ini membuat para pengunjung maupu santri yang bermukim, betah berada di sini.

Pembina Yayasan Humaira Yuyu Marliah mengatakan bahwa yayasan ini berdiri di atas lahan tanah seluas 1,2 hektar, peralihan dari resort yang sebelumnya dimiliki oleh warga Belanda. Kemudian diubah menjadi podok pesantren modern.

Mengani Gua Sukamantri yang oleh warga sekitar disebut Gua Sedong, Yuyu Marliah kepada sukabumiNews menceritakan bahwa gua ini memang sudah ada dari dulu.

"Menurut informasi dari warga bahwa gua tersebut, dulu pada tahun 80- 90 sering dikunjungi warga dari luar kota dan dijadikan tempat menginap untuk meminta hal-hal yang tidak jelas,” katanya.

“Namun setelah dikelola oleh Ponpes Tahfidl Qur'an Humaira, para pengunjung yang ingin mengunjungi gua tersebut harus ada ijin dari pihak Ponpes," tutrnya.

Diketahui bahwa Gua Sukamantri atau Gua Sedong ini dikelilingi oleh bebatuan besar. Gua ini terbentuk secara alami dan menyerupai lorong- lorong berair.

Pada Gua juga terdapat air terjur atau air solokan yang terjun jatuh menimpa bebatuan, hingga percikan airnya terasa sejuk. Nuansa mistiknya pun tambah kental berada di gua ini. Dan Konon, jika menelusuri Gua ini bakal tersambung ke Gua Kuta Maneuh.

BACA Juga: Yayasan Humaira Ajak Creator Aktifis Medsos Promosikan Ponpes Tahfid Quran

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas