News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Eksekutif dan Legislatif Berkomitmen Bangun Pemuda Kabupaten Sukabumi

Eksekutif dan Legislatif Berkomitmen Bangun Pemuda Kabupaten Sukabumi

Leaders Talk bertema "Pemuda dan Pembangunan" yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kabupaten Sukabumi: Eksekutif dan Legislatif Berkomitmen Bangun Pemuda Kabupaten Sukabumi. (Dok. Pribadi) 

sukabumiNews, CISAAT – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Iyos Sumantri, M. Si., menyatakan siap mendukung pelaksanaan Perda Kepemudaan di Kabupaten Sukabumi. 
Ia juga siap mengerahkan seluruh elemen pemerintahan di Kabupaten Sukabumi untuk melaksanakan program dalam rangka implementasi perda kepemudaan tersebut.

Kesiapan tersebut disampaikan Wabup Iyos saat menghadiri acara Leaders Talk  bertema "Pemuda dan Pembangunan" yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kabupaten Sukabumi di Gedung Pemuda, Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, pelaksanaan Perda Kepemudaan merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam membangun pemuda yang maju dan berdaya saing. Namun, kata dia, komitmen tersebut harus juga mendapatkan dukungan dari seluruh stakeholder kepemudaan di kabupaten Sukabumi.

"Dengan disahkannya Peraturan tersebut, tentunya bisa mendorong para pemuda di Kabupaten Sukabumi ini untuk ikut berkiprah dalam pembangunan, dan kita semua memahami pemuda  adalah harapan bangsa di masa yang akan datang" ungkap Wabup

Ditambahkan Wabup bahwa gagasan pemuda sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa maupun daerah. “Pemuda punya kekuatan besar untuk menjadi bagian dari kepentingan masyarakat,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara yang juga hadir di acara tersebut, menyatakan komitmennya memaksimalkan peran legislatif dalam melaksanakan Perda Kepemudaan.

“Kami siap untuk menyerap aspirasi pemuda Kabupaten Sukabumi dalam rangka mendorong program yang memang sesuai dengan harapan mereka,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi Reggy Apriansyah dalam keterangan yang diterima sukabumiNews, Rabu (7/4/2021) menyampaikan harapan agar pemerintah serius dalam menjalankan amanat Perda Kepemudaan.

Reggy menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga harus mendengar masukan dari seluruh stakeholder kepemudaan, agar program yang dibuat benar-benar tepat sasaran.

Ia juga memohon kepada DPRD sebagai lembaga legislatif agar dapat mendukung hal tersebut dengan menjalankan fungsi budgeting bagi program kepemudaan secara layak dan proporsional.

Dalam kesempatan itu juga Reggy mengapresiasi “political will” yang dinyatakan secara tegas oleh Kepala Daerah dan Ketua DPRD tersebut.

“Kami berharap hal ini kemudian dapat ditindaklanjuti secara konkret oleh seluruh perangkat daerah melalui program-program yang afirmatif dan manfaatnya dirasakan langsung oleh pemuda Kabupaten Sukabumi,” pintanya.

Masih dalam kesempatan yang sama, peneliti kebijakan publik yang juga Direktur Eksekutif Poldata Indonesia, Fajar Arif Budiman, S.IP., M.AP., sebagai narasumber, dalam paparannya mengungkapkan, bahwa masih rendahnya pembangunan pemuda menjadi tantangan bagi semua pihak.

Untuk itu, menurut Fajar Arif Budiman, pelibatan unsur kepemudaan dalam setiap program pemerintah ke depannya perlu dioptimalkan. Ia berharap pemerintah daerah dapat merangkul pemuda dalam menjalankan visi dan misi pembangunan.

"Sinkronisasi dan kolaborasi adalah kata kunci keberhasilan pembangunan kepemudaan. Seringkali di pemerintahan masalah kepemudaan hanya menjadi beban Dinas Pemuda dan Olahraga saja. Padahal kepemudaan itu mencakup hampir semua bidang yang ada di pemerintah daerah, makanya perlu ada sinkronisasi dan kolaborasi antar stakeholder,” jelasFajar.


Di akhir acara, 
Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi Reggy Apriansyah menyerahkan  
kepada Wakil Bupati, dan kepada Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi.

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menerima cinderamata dari Ketua KNPI Kabupen Sukabumi, Reggy Apriansyah.

Pewarta: Abdullah Mujib
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas