News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Guna Menunjang Kemudahan Informasi Publik, Dinas Kominfo Asahan Siap Bantu Pembuatan Aplikasi

Guna Menunjang Kemudahan Informasi Publik, Dinas Kominfo Asahan Siap Bantu Pembuatan Aplikasi

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, MSi. (Foto: SUKABUMINEWSFOTO/ ZN) 

SUKABUMINEWS, ASAHAN (SUMUT) – Digitalisasi birokrasi merupakan kultur baru dan menimbulkan tantangan bagi para ASN untuk memberikan pelayanan semakin cepat, praktis, mudah, dan responsif.

Guna menaggulangi hal dimaksud, Dinas Kominfo Kabupaten Asahan siap membantu pembuatan aplikasi bagi OPD dalam menunjang kemudahan informasi publik.

Kesiapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar kepada sukabumiNews, disela-sela kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asahan.

Kegiatan dilaksanakan di aula Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP) Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (18/3/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Asahan H.Surya, BSc, Sekretaris Daerah Drs. Jhon Hardi Nasution M.Si, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Asahan.

Dalam kesempatan itu Rahmat Hidayat menyampaikan akan perlunya pengembangan teknologi dan informasi publik di Pemkab Asahan.

"Tujuannya, untuk percepatan layanan dan memangkas alur birokrasi khususnya di masa pandemi sehingga dapat cepat melayani masyarakat," kata Rahmat.

Layanan tersebut, lanjut dia, didefinisikan sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah dan dikorelasikan dengan instruksi Presiden pada poin kedua, mengenai reformasi transformasi digital di sektor strategis.

Rahmat memaparkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan terkait pengembangan dan integrasi informasi dan komunikasi publik tersebut.

Program Prioritas yang menjadi fokus perhatian Diskominfo Kabupaten Asahan dalam bidang digitalisasi birokrasi ini, terang Rahmat, di antaranya adalah layanan KTP tangguh.

"Kemudian perizinan online, bayar pajak/retribusi online, pemasaran UMKM, pendaftaran pasien Rumah Sakit, pendaftaran siswa sekolah, asahan satu pintu, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi publik," jelasnya.

Adapun kata Rahmat, program kegiatan yang telah dilakukan oleh Dinas Kominfo Asahan dalam rangka mewujudkan pengembangan sistem pengawasan langsung dan berbasis digital, serta pengembangan pelayanan publik berbasis digital tersebut yaitu dengan berupaya menerapkan konsep smartcity.

“Konsep smartcity, salahsatunya yaitu dengan menyediaan jaringan internet dan CCTV di seluruh OPD se-Kabupaten Asahan, kemudian Penyediaan Hot Spot WiFi gratis di area publik, serta pengembangan lainnya sekaitan dengan informasi dan komunikasi publik.

"Mengenai Hot Spot WiFi gratia ini, ke depan direncanakan untuk membangun Hot Spot Wifi gratis sebanyak 50 titik se-Kabupaten Asahan," imbuhnya.

Sebelumnya, mengenai revolusi industri digital dalam kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini, Bupati Asahan H. Surya dalam sambutannya menegaskan bahwa tidak ada alasan bagi seluruh OPD untuk tidak ikut di dalamnya.

“Semua dinas harus siap dan saling terhubung dengan jaringan," kata H Surya dalam sambutanya.

"Ini adalah program prioritas Kabupaten Asahan. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bekerja bersama-sama dan bekerja dengan sungguh-sungguh dalam mendukung program-program yang berkaitan dengan bidang digitalisasi birokrasi di Kabupaten Asahan yang kita cintai ini,” ajaknya.

BACA Juga: Bupati Surya Ajak OPD Sungguh-sungguh dalam Menyelesaikan Pembangunan Infrastruktur

Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas