News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ditawari Gaji Sebesar RM2.500 Sebulan, Bocah 15 Tahun Ini Sedia Bergabung dengan Sindikat Penipu

Ditawari Gaji Sebesar RM2.500 Sebulan, Bocah 15 Tahun Ini Sedia Bergabung dengan Sindikat Penipu

Ayob Khan menunjukkan foto 18 anggota sindikat penipuan yang ditangkap dalam penggerebekan di beberapa tempat di Kempas dan Setia Indah melalui 'Ops Puyuh' pada konferensi pers di Jakarta hari ini. (Foto: BERNAMA) 

sukabumiNews, JOHOR BAHRU – Dengan tawaran gaji sebesar RM2.500 sebulan, seorang bocah lelaki berusia 15 tahun yang sudah tidak bersekolah bersedia bergabung dengan sindikat penipuan melalui iklan di Facebook dan menyamar sebagai kenalan yang ditargetkan dan anggota keluarga korban.

Tak hanya itu, Kapolres Johor Datuk Ayob Khan Mydin Pitchay mengungkapkan, anggota sindikat tersebut juga mendapat reward berupa komisi lima persen dari hasil penipuan yang berhasil dilakukan.

Dia mengatakan, remaja itu termasuk 18 anggota sindikat yang ditangkap dalam penggerebekan di sejumlah rumah di Kempas dan Setia Indah, dari pukul 16.15 hingga 22.00 tadi malam.

Ayob Khan mengatakan semua tersangka, terdiri dari 15 pria dan tiga wanita berusia antara 15 dan 35, diduga telah memulai aktivitas tersebut sejak awal bulan ini.

Penyelidikan awal menemukan bahwa sindikat tersebut menipu korban dengan menyamar sebagai kenalan dan anggota keluarga melalui panggilan telepon dan WhatsApp.

Setelah korban mengecek dengan mereka (teman sejati dan anggota keluarga), barulah korban menyadari bahwa dirinya telah ditipu dan menderita. rugi, "ujarnya kepada wartawan di Markas Besar Polisi Kontingen Johor, di sini, hari ini.

Ia mengatakan, yang disita dalam penggerebekan adalah 60 ponsel berbagai merek, 13 buku catatan berisi nomor telepon korban dan skrip percakapan serta 17 kartu anjungan tunai mandiri (ATM) berbagai jenis bank yang diduga digunakan sindikat. anggota untuk menipu korban.

Ayob Khan mengatakan mereka semua ditahan antara satu hari hingga empat hari untuk penyelidikan lebih lanjut.

Kasus ini sedang diselidiki berdasarkan Bagian 420 KUHP yang jika terbukti bersalah membawa hukuman penjara maksimal 10 tahun dan dihukum dengan cambuk dan denda.

Dia mengatakan dari awal tahun hingga Februari tahun ini, total 48 kasus penipuan dilaporkan dengan total kerugian RM398.000.

Oleh karena itu, ia mengingatkan masyarakat untuk selalu peka terhadap setiap panggilan telepon dan tidak mudah percaya, terutama yang menyangkut transaksi keuangan.

Pewarta: Astro AWANI
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas