Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, September 17, 2020

Azis Ramdhani

IPHI Kabupaten Sukabumi Gelar Silaturahmi dan Optimalisasi UPZ

IPHI Kabupaten Sukabumi Gelar Silaturahmi dan Optimalisasi UPZ
Ketua ID IPHI Kabupaten Sukabumi H Deden Saefudin

sukabumiNews.net, CISAAT – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) menggelar Silaturahmi dan Optimalisasi Unit Pelaksana Zakat (UPZ) IPHI di gedung Islamic Center Kecamatan Cisaat KabupatenSukabumi, Kamis (17/9/2020).

 

"Selain bersilaturahmi kita menghubungkan dengan optimalisasi IPHI Kabupaten Sukabumi Gelar Silaturahmi dan Optimalisasi UPZ, karena yang berhak secara undang-undang untuk mengambil zakat infaq dan sodaqoh itu Baznas dan Lazis," kata Ketua ID IPHI Kabupaten Sukabumi H Deden Saefudin kepada sukabumiNews, usai acara, Kamis.

 

Deden menambahkan, agar penyaluran zakat tidak illegal, maka dibentuklah unit pengumpulan zakat (UPZ) yang surat keputusannya langsung dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Dijelaskannya juga bahwa IPHI sudah membentuk UPZ yang sudah diberikan SK oleh Baznas Kabupaten Sukabumi.

 

"Kegiatan hari ini yaitu untuk memantapkan dan menyosialisasikan SK tersebut yang diharapkan dari pengurus IPHI Kabupaten Sukabumi dan Kecamatan itu mengeluarkan infaq zakat dan sodaqohnya melalui UPZ IPHI yang sudah terbentuk dan mendapatkan legalitas SK dari Baznas Kabupaten Sukabumi," jelas Deden.


 

Adapun kata Deden, diawalinya penyerahan zakat infaq dan sodaqoh melalui UPZ IPHI oleh Bupati Sukabumi itu bukan karena jabatannya, tapi pribadinya (Marwan, red.). Dan nantinya, lanjut Deden, zakat infaq dan sodaqoh yang dikelola oleh UPZ IPHI disetorkan kembali ke Baznas Kabupaten Sukabumi.

 

"Dari situlah kita ada kontribusi ke IPHI dari Baznas mendapatkan bagian persentase yang bisa dipergunakan oleh pengurus IPHI, lantaran besar dan majunya organisasi berdasarkan anggaran. Maka ini dimaksudkan agar IPHI yang merupakan organisasi besar ini tidak meminta-minta dan IPHI mendapatkan persentase dari Baznas Kabupaten Sukabumi," bebernya.

 

Dikatakan Deden bahwa pengurus PD IPHI saat ini berjumlah 60 orang ditambah dengan pengurus IPHI Cabang tingkat Kecamatan. Sedangkan lanjut Deden, perkecamatan terdiri dari 37 orang dikali 47 kecamatan, dan totalnya sebanyak 1739 orang.

 

“Belum ditambah dengan anggota yang sudah melaksanakan ibadah haji," pungkasnya.

 

Pewarta : Azis Ramdhani

Editor : AM

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close