Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, October 2, 2019

Redaksi sukabumiNews

575 Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

pelantikan 575 anggota dpr ri priode 2019-2024
sukabumiNews, JAKARTA – Sebanyak 575 anggota DPR RI yang terpilih dalam Pemilu 2019 resmi dilantik pada Selasa (1/10/2019).

Pelantikan 575 anggota DPR itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Hadir juga pada pelantikan 557 anggota DRP RI itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman.

Sejumlah nama lama memang masih menghiasi wajah DPR RI selama lima tahun ke depan. Sebut saja Fadli Zon, Sufmi Dasco Ahmad, Desmond Junaidi Mahesa dari Partai Gerindra.

Juga ada Mardani Ali Sera dari PKS, Ace Hasan Syadzily, Bambang Soesatyo dari Golkar, Aria Bima, Adian Napitupulu dari PDIP.

Namun tak sedikit juga wajah baru, termasuk 14 artis yang sukses melenggang ke Senayan. Diantaranya yaitu Krisdayanti dari PDIP, Tommy Kurniawan dari PKB, Farhan dari NasDem, hingga yang terakhir bergabung adalah Mulan Jameela dari Partai Gerindra.

Sebenarnya, nama para anggota DPR terpilih ini telah ditetapkan oleh KPU pada 31 Agustus 2019. Namun pada perjalanannya, Partai Gerindra mengganti beberapa nama anggota DPR yang telah terpilih.

Satu di antaranya Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk daerah pemilihan Jawa Barat XI.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 98/P/2019 tentang peresmian anggota DPR periode 2019-2024 oleh Sekjen DPR Indra Iskandar.

Setelah itu, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali pun mengambil tempat di sisi podium. Sejumlah perwakilan anggota DPR maju ke depan podium sidang. Masing-masing tokoh agama lantas mengambil tempat berdiri di samping para perwakilan anggota DPR terpilih itu dengan membawa kitab suci.

Para anggota DPR pun disumpah. Para legislator baru itu mengucapkan janji dan sumpah menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

"Apakah saudara bersedia bersumpah menurut agama dan kepercayaan saudara masing-masing," ujar Hatta kepada wakil rakyat baru itu.

Mendengar pertanyaan itu, seluruh wakil rakyat baru itu menyatakan kesediaannya.

"Bersedia," jawab mereka serempak.

Hatta lalu mengingatkan kembali sumpah atau janji itu harus ditepati untuk kebaikan bangsa dan negara Indonesia secara keseluruhan. Setelah itu, Hatta pun menuntun pembacaan sumpah secara perlahan-lahan agar bisa diikuti para wakil rakyat.

"Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Lihat, Inilah Daftar Nama 575 Anggota DPR RI Periode 2019-2024

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribunnews dengan judul “DAFTAR Nama 575 Anggota DPR RI 2019-2024 yang Akan Dilantik Hari Ini” dan di CNN Indonesia dengan judul “575 Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Resmi Dilantik


Pewarta: AM
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close