Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Tuesday, July 23, 2019

Redaksi sukabumiNews

6 Aplikasi Chat Ini Diklaim Paling Aman di Dunia, Kamu Suka yang Mana?

sukabumiNews - SEBUAH lembaga survei yang beroperasi di seluruh dunia, Amnesty International telah merilis daftar aplikasi messaging alias pesan yang dianggap paling aman. Aplikasi-aplikasi pesan tersebut dianggap paling aman karena menawarkan fitur enkripsi end-to-end yang bisa bikin aktivitas chatting kamu susah dibajak atau diretas.

Dari hasil survei dan analisa lembaga tersebut, tercatat ada tujuh aplikasi pesan yang diklaim paling aman dan tak mudah diretas. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain adalah:

1. WhatsApp

whatsapp
Menurut survei, aplikasi pesan yang sudah mengumpulkan 2 miliar pengguna ini dilaporkan punya fitur keamanan paling bagus. Pasalnya, cuma pengguna WhatsApp saja yang mendapat peringatan jika fitur enkripsi end-to-end tidak diaplikasikan pada obrolan tertentu.

Dengan adanya fitur enkripsi yang terintegrasi pengguna jadi bisa memperkirakan obrolan apa saja yang harus mereka bicarakan di WhatsApp. Jadi lebih aman kan?

Fyi, fitur enkripsi alias keamanan dari WhatsApp ini pun diklaim lebih baik juga jika dibanding fitur enkripsi Facebook Messenger (aplikasi pesan yang juga dibuat oleh Facebook). Facebook Messenger diklaim tidak menerapkan fitur enkripsi end-to-end secara default, sehingga membuat aplikasi pesan itu dilaporkan tak terlalu cocoklah dipakai untuk obrolan yang sifatnya rahasia.

2. iMessage

imessage
Aplikasi pesan milik Apple ini juga diklaim paling aman kedua oleh lembaga survei tersebut. Pasalnya, aplikasi ini diklaim telah menerapkan enkripsi backdoors yang bikin siapa pun susah meretas. Enkripsi ini diklaim paling aman, bahkan pemerintah sekali pun gak bisa meretas atau membobol isi chat di aplikasi pesan ini.

3. Facetime

facetime
Selain iMessage, aplikasi pesan video call dari Apple ini diklaim juga paling aman di dunia versi Amnesty International. Obrolanmu via aplikasi pesan video call ini dijamin tak akan mudah diretas atau dibajak.

Lembaga atau orang yang ingin meretas aplikasi pesan video call ini wajib memiliki kemampuan mumpuni. Pasalnya, hingga kini masih belum ada yang bisa meretas atau membajak Facetime bahkan lewat 'jalur belakang' sekalipun.

4. Telegram

telegram
Aplikasi yang desain antarmukanya mirip WhatsApp ini diklaim juga paling aman oleh Amnesty International. Meski fitur enkripsi-nya gak di-setting secara default, kamu gak perlu khawatir obrolanmu mudah diretas. Soalnya, fitur enkripsi dari Telegram diklaim sangat aman, bahkan hacker sepintar apa pun bakal kesusahan saat meretas atau memasuki Telegram lewat jalur belakang sekalipun.

Asyiknya, ada banyak fitur enkripsi yang bisa kamu pilih di Telegram ini. Salah satunya adalah fitur pesan hilang secara otomatis alias self-destructing message yang bisa diatur berapa lama pesan itu bisa diakses.

5. Allo

allo
Pendatang baru di dunia pesan instan ini pun juga diklaim paling aman oleh Amnesty International. Meski tergolong baru aplikasi ini sudah menerapkan fitur enkripsi end-to-end.

Sayangnya, kamu masih harus mengatur atau mengaktifkan fitur end-to-end itu sebelum menggunakan. Sama halnya dengan Chrome, fitur enkripsi end-to-end milik Allo ini juga mengusung mode Incognito untuk melindungi obrolan selama chatting.

6. LINE

line
Dikutip dari IDNTimes, aplikasi pesan asal Jepang yang cukup populer di Indonesia ini juga diklaim sebagai aplikasi pesan paling aman di dunia. Dengan 200 jutaan pengguna aktif di seluruh dunia, LINE sudah menawarkan fitur keamanan alias enkripsi end-to-end.

Meski gak se-aman aplikasi pesan populer lainnya, pengguna kabarnya bisa dengan mudah mengenali apakah obrolan aman dengan hanya melihat apakah di pojok kiri atas kolom chatting sebelah nama teman chatting-mu sudah ada simbol gembok.

Itulah enam aplikasi pesan yang diklaim paling aman di dunia versi Amnesty International. Dari enam aplikasi yang masuk daftar di atas, aplikasi pesan mana yang sekarang lagi kamu gunakan? Share di kolom komentar bawah ini yuk.

Baca juga: WhatsApp Disusupi Spyware Israel, Pengguna Diminta Lebih Waspada

Pewarta: AM
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Sampaikan pendapat dan saran Anda setelah membaca artikel di atas..

Loading...
close