Breaking
loading...

Sunday, May 12, 2019

Redaksi sukabumiNews

Kesal, Baliho Ucapan Kemenangan Prabowo Sandi Diturunkan, Massa Pendukung 02 Ontrog Kantor Kecamatan Parungkuda

Kesal, Baliho Ucapan Kemenangan Prabowo Sandi Diturunkan, Massa Pendukung 02 Ontrog Kantor Kecamatan Parungkuda
Massa Pendukung Capres-Cawapres no 02 Datangi Kantor Kecamatan Parungkuda. (Foto: dok. Azis R.)
-- 
sukabumiNews, PARUNGKUDA - Ratusan massa pendukung Capres dan Cawapres 02 Prabowo-Sandi mendatangi Kantor Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi pada Sabtu (11/5/19), sekitar pukul 21.00 Wib lantaran kesal.


Kekesalan mereka lantaran dipicu oleh baliho ucapan kemenangan Capres-Cawapres 02, Prabowo-Sandi berukuran 30 meter yang dipasangnya di Jln. Nasional Palagan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, diturunkan oleh Sekelompok massa yang diduga pendukung capres-cawapres lain.

“Ada warga khususnya di Parungkuda yang melihat pemasangan baliho ucapan kemenangan terhadap pasangan Capres- Cawapres nomor urut 02,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Hariyanto kepada wartawan.

Menurut Teguh, mereka berinisiatif untuk menurunkan baligo yang bertuliskan ”Terima kasih kepada warga Kab. Sukabumi yang Telah Mendukung dan Memenangkan Letjen (Purn) H. Prabowo Subianto, H. Sandiaga Salahuddin Uno Sebagai Presiden & Wapres Priode 2010-2024”.

"Sesuai dengan arahan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Surat edaran bernomor 0904, pada point buruf (b) No. IV yang berbunyi bahwa Peserta Pemilu tidak melakukan pemasangan alat peraga yang mengandung materi kemenangan sebelum ditetapkan hasil pemilu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," jelas Teguh.

Kendati demikian, Teguh momohon kepada pendukung Jokowi Ma'ruf Amin dan Prabowo Sandi supaya tidak memasang sepanduk Ucapan Kemenangan yang mungkin akan memicu gesekan antara pendukung 01 dan 02. “Kita harus menghargai pesta Demokrasi ini dan kita bersabar untuk menunggu hasil keputusan Pleno dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, siapa yang akan menjadi Presiden Republik Indonesia,” tegasnya.

Teguh menjelaskan bahwa terkait hasil pertemuannya dengan Bawaslu Kabupaten Sukabumi di Kantor Kecamatan Parungkuda dalam mengantisipasi supaya tidak ada saling tuding antara kedua pendukung, maka dimohon untuk saling menghargai antar sesama lembaga dan masyarakat.

Dalam kesepakatannya juga, lanjut Teguh, mereka harus lebih memahami tentang situasi dan kondisi saat ini, jangan sampai memperkeruh suasana. “Intinya mari kita jaga dan junjung tinggi rasa ikatan pesaudaraan kita sebangsa dan setanah air dalam wadah Negara Kesatuan Repulik Indonesia,” papar Teguh.

"Apabila ada pemasangan Baliho Ucapan Kemenangan dari pendukung 01 dan 02, kami Bawaslu Kabu Sukabumi, sesuai arahan pimpinan kami akan patuh dan taat terhadap intruksi dari Bawaslu RI,” tambahnya.

Teguh juga megatakan, Bawaslu Kabupaten Sukabumi akan melakukan koordinasi dengan Pengawas Kecamatan (Panwascam) supaya berkomunikasi dengan pendukung kedua belah pihak, bahwa jika ada yang memasang baligo dan berisi ucapan kemenangan kepada pasangan capres-cawapres, sebelum ada keputusan dari hasil rapat Pleno KPU RI, agar menurunkannya kembali.




Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close