Breaking

Thursday, April 11, 2019

Redaksi sukabumiNews

10 Tahun Menderita Penyakit Kaki Gajah, Mak Uju Tetap Sabar Jalani Hidup dalam Kondisi Serba Kekurangan

sukabumiNews, CICURUG – Juju Daningsih (62) warga Kp. Sindang Palay RT.03/06, Desa Pasawakan Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sudah 10 tahun menderita penyakit kaki gajah. Meski begitu, Mak Uju tetap sabar menjalani hudup walau penyakit yang dideritanya tidak kunjung sembuh karena ketidak mampuan untuk mengobati penyakitnya tersebut.

Meski memiliki pekerjaan Menyusun Perca Kain untuk dijadikan Lap di bengkel yang lokasinya tak jauh dari rumahnya serta memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), namun dengan upahnya yang hanya sebesar Rp.1000/kg dengan rata-rata per hari, Juju Daningsih yang akrab dipanggil Mak Juju ini hanya mampu membuat sejumlah 5 kg atau sebanding dengan Rp 5000 saja.

“Itu pun kalau ada bahan kainnya. Jadi, jangankan untuk berobat, untuk makan saja saya rasa masih belum cukup,” beber Kristiawan (42) kepada sukabumiNews via WhatsApp nya, Rabu (10/4/19).

Meski demikian, tambah Kristiawan, Mak Uju tidak pernah mengeluh dan cukup bersyukur berapapun penghasilan dan bagaimana pun kondisinya.

“Tidak pernah terlintas sedikitpun dalam pikirannya untuk meminta-minta kepada orang lain," jelas Kristiawan,

Mak Uju adalah seorang janda tua yang tinggal di sebuah ruangan sempit berukuran 2,5 x 2 Meter. Alhasil, karena sempitnya, ruang tempat tidur Mak Uju menyatu dengan dapurnya .

Untuk mengobati penyakit kaki gajahnya, sementara ini Mak Uju masih menjalani pemeriksaan secara rutin dari petugas Puskesmas terdekat.


Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close