News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kehadiran LKP Letama Jaya Abadi, Upaya Tingkatkan Kualitas SDM di Kota Sukabumi

Kehadiran LKP Letama Jaya Abadi, Upaya Tingkatkan Kualitas SDM di Kota Sukabumi

sukabumiNews, GUNUNG PUYUH – Keberhasilan tujuan pembangunan nasional sangat ditentukan oleh peranan sumberdaya manusia (SDM) terutama dari kalangan muda usia, karena sesungguhnya mereka adalah pelaku utama dalam mengisi pembangunan. Kendati demikian, SDM yang berkualitas hanya dapat dihasilkan melalui persiapan yang terencana dan sistematis.

Hal tersebut disampaikan D. Hoerudin, salah seorang praktisi sosial dan penggiat kewirausahaan di Sukabumi saat sambutannya pada acara pembukaan Lembaga Khusus dan Pelatihan (LKP) Letama Jaya Abadi di Kp Leles RT.03 RW.16, Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunung Puyuh Kota Sukabumi, Sabtu (9/3/2019).

"Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satunya melalui program pendidikan, pelatihan kerja dan pemagangan untuk mendapatkan pengalaman di industri," ujar D.Hoerudin kepada sukabumiNews.

Dikatakan Hoerudin, ada 3 hal yang perlu diperhatikan untuk pengelolaan lembaga pelatihan kerja dalam rangka mengembangkan SDM yang memiliki daya saing, yaitu Standar Kompetensi Kerja, Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi, serta Sertifikasi Kompetensi.

LPK Letama Jaya Abadi adalah sebuah lembaga yang didalamnya meliputi pelatihan  Bimbel (Bimbingan Belajar ) bahasa inggris dan arab, perbengkelan, cukur rambut, sablon, tekhnik las , tambal ban, menjahit. "Selain itu juga disediakan taman baca yang diharapkan dapat merangsang minat baca masyarakat sebagai awal penegenalan ilmu dan pembelajaran sesuai dengan sebuah peribahasa, Buku adalah gudang ilmu, dan membaca adalah kuncinya," katanya.

Menurut Hoerudin, hal ini didasari atas hasil analisa dan pengamatannya dalam mencermati perkembangan generasi muda khususnya, dan masyarakat pada umumnya, dalam hal makin maraknya kejahatan dan penyalahgunaan NAPZA (Narkotika Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif ).

Kondisi seperti ini, jelas Hoerudin penyebabnya adalah minimnya pengetahuan dan kemampuan dalam menghadapi kerasnya kehidupan dan putaran roda perekonomian. "Karena ketika seseorang memiliki kemampuan dan kompetensi dalam menghadapi persaingan dunia kerja tentu waktu mereka akan termaksimalkan untuk melakukan hal-hal yang positif saja," ungkapnya.

Hadir pada acara pembukaan LKP tersebut Tokoh masyarakat, dan alim ulama setempat, beserta utusan pemuda sebagai perwakilan generasi milenial yang akan melanjutkan estafet kehidupan berbangsa dan bernegara di masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu D. Hoerudin yang juga merupakan calon legislatif dapil 3 (Kecamatan Warudoyong dan Kecamatan Gunungpuyuh ) dari Partai Bulan Bintang dengan nomor urut 5 itu juga menyampaikan harapan agar setelah dibukanya lembaga pelatihan ini masyarakat dan pelaku usaha dapat merespon aktif dengan melihat potensi dan bakat yang dimiliki masyarakat.

Menyikapi apa yang dilakukan dan diperjuangkang D. Hoerudin ditengah situasi perhelatan pemilu 2019 ini slah satu peserta yang hadir, Endang Supeli menganggap bahwa ini adalah sebuah terobosan baru dari sebuah gerakan politik, dimana masa kampanye tidak di isi dengan janji-janji politik, akan tapi langsung disikapinya dengan karya nyata.


[Pewarta: Telly NR]
Editor: Red.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019

Tags

Daftar

Berlangganan Artikel/Berita terbaru dari sukabumiNews.

Post a Comment

Komentari