Breaking

Tuesday, November 13, 2018

Redaksi sukabumiNews

Wakil Bupati Sukabumi Buka Secara Resmi Dimulainya Program Sipades

Wakil Bupati Sukabumi pada Acara Lounching dan pengenalan Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades)
Selabintana, SUKABUMINEWS.net – Wakil Bupati Sukabumi,  H. Adjo Sarjono menghadiri acara louncing program Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) yang di selenggarakan di Hotel Pangrango Selabintana, Kabupaten Sukabumi pada Senin (12/11/2018).

Pada kesempatan itu Wakil Bupati juga sekaligus membuka secara resmi atas dimulainya program Sipades tersebut.

Sipades merupakan aplikasi pencatatan administrasi aset desa sesuai dengan amanat dari Permendagri 1/2016 tentang Pengelolaan Aset Desa mulai dari perencanaan, pengadaan, penata usahaan sampai dengan penyajian laporan yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan pedoman umum kodefikasi aset desa.

Aplikasi Sipades dalam pengoperasiannya menggunakan basis data access, bekerja dengan sistem desktop-base, tanpa memerlukan koneksi internet dan bantuan browser, cocok dengan berbagai sistem operasi komputer.

Dalam sambutannya,  H. Adjo Sarjono mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung adanya peluncuran layanan program Sipades ini.

“Semoga dengan Program Sipades ini pihak desa mampu menertibkan kepemilikan aset sesuai dengan perundanh-undangan yang berlaku, meminimalisir resiko hilangnya aset desa, dan mempermudah Kepala Desa untuk memberikan laporan kekayaan milik desa,” harap Adjo.

“Hal ini sesuai dengan moto Sipades yaitu transparansi, akuntabilitas, pengelolaan aset desa untuk kemajuan desa serta untuk kesejahteraan desa,” ucap Adjo.

Untuk itu lanjut Adjo, ia sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung program peluncuran layanan Aplikasi berbasis online ini. “Aplikasi ini akan digunakan di setiap desa se-kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Selain dihadiri para kades se-Kabupaten Sukabumi louncing pengenalan program Sipades ini juga dihadiri oleh para Kabid dan para Kasi, serta Muspika dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Sukabumi, Ade Irawan.
Wakil Bupati Sukabumi bersama para Kadis dan Kades di acara Louncing Program Sipades di Kabupaten Sukabumi

Hadir juga dari Kementerian Dalam Negeri.selaku narasumber pada acara louncing pengenalan program Sipades yang mengambil tema "Penguatan peran dan Fungsi Operator SIPADES dalam rangka meningkatkan administrasi pengelolaan aset desa yang akuntabel” itu.

Sementara terkait dengan program Sipades ini, Ade Irawan mengaku bahwa pengelolaan keuangan DPMPD sampai saat ini masih berjalan. Bahkan menurutnya sudah bisa dilihat secara online karena dalam neraca keuangan didalamnya ada aset. “Jadi ini adalah salah satu bagian dari aset,” ungkap Ade.

Program ini juga tutur Ade sangat bermanfaat saat bertugas melaksanakan pemantauan dan evaluasi. Misalnya penggunaan atau pengalokasian dana untuk pembangunan jalan, kita tinggal lihat saja pada aplikasi ini,” tambah dia.

Insya Allah di tahun 2019 aplikasi ini sudah bisa di download melalui playstore karena kita saat ini masih dalam tahapan pengenalan. Dan saya berharap ketika Pengoperasian Aplikasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes) sudah berjalan 100 persen, tahun depan kita bisa mengakses aplikasi Sipades,” ucap Ade.

Ade juga menambahkan bahwa aplikasi Sipades ini adalah yang pertama kali di operasikan di Kabupaten Sukabumi. “Atau bahkan mungkiin di Indonesia,” imbuhnya.

Pewarta: Azis. R/Karim. R
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu