Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, May 24, 2018

Redaksi sukabumiNews

Pemkab Sukabumi Gelar Rakoor Ketahan Pangan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H

sukabumiNews.net, PALABUHANRATU - Dalam rangka  memenuhi kebutuhan pangan selama Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439H,  Pemda Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Ketahanan Pangan "Apel Siaga selama Bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H” di Aula Pendopo Palabuhanratu pada Kamis (24/05).

Acara yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Kabupaten Sukabumi itu dipimpin langsung oleh Bupati Sukabumi, H.Marwan Hamami, MM.

Dalam sambutanya Bupati menerangkan bahwa aspek yang terkait dengan Ketahanan Pangan ini menghendaki keterlibatan dan tanggung jawab banyak pihak. Sehubungan dengan hal itu, maka Pemda membentuk Dewan Ketahanan Pangan pada berbagai tingkatan Pemerintahan yang melibatkan berbagai stakeholders, baik pemerintah maupun swasta dan masyarakat.

“Walaupun secara keseluruhan produksi bahan pangan kita khususnya beras dinyatakan cukup, akan tetapi hal itu tidak serta merta menjamin ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat dan seluruh wilayah di Kabupaten Sukabumi ” Terang Bupati, seperti dikutip dari akun Facebook “Subag Humas Setda”.

Bupati menjelaskan bahwa Masalah lain yang masih menjadi persoalan di bidang pangan adalah menyangkut aspek konsumsi. “Sampai saat ini konsumsi sebagian besar masyarakat masih didominasi oleh beras, sementara konsumsi bahan pangan lainnya seperti umbi-umbian, kacang-kacangan,  pangan  hewani,  maupun  sayur  dan  buah  di bawah  anjuran,” jelas Marwan.

Kondisi  ini, lanjut dia,  tentu  tidak  menguntungkan. Baik ditinjau dari sisi kesehatan maupun dari sisi upaya kemandirian pangan. “Dari sisi kesehatan pola konsumsi yang baik adalah pola konsumsi yang dapat memberikan asupan gizi cukup yang dapat meningkatkan kesehatan sekaligus kemampuan inteligensia khususnya bagi Balita “ ungkap Bupati

Bupati mengharapkan agar berbagai kegiatan dan penanganan masalah yang dengan upaya mewujudkan Ketahanan Pangan ini dapat dilaksanakan secara konsisten.

“Dalam rangka menyambut perayaan Hari Besar Keagamaan, seperti bulan puasa, Hari Raya Idul Fitri kali ini,  di mana biasanya akan terjadi peningkatan permintaan beberapa bahan pangan sehingga harganya juga akan meningkat, maka perlu dilakukan langkah antisipasi seperti pemantauan harga dan inspeksi pasar, pemantauan aliran bahan pangan, operasi pasar bazar dan lain sebagainya” harapnya

Sementara itu kepala Dinas Katahanan Pangan kabupaten Sukabumi Ir.H.Adjat Sudrajat dalam laporannya menyebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk memantapkan kesiapan dalam penyediaan pangan di Kabupaten Sukabumi selama Bulan Ramdhan dan Hari Raya Idul Fitri 1439H.

“Kami akan mengupayakan stabilitas harga pangan pokok di Kabupaten Sukabumi” jelasnya

Sementara, peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 50 s/d 70 orang yang terdiri dari organisasi Perangkat Daerah terkait penyediaan pangan, Ka Sub Divre Bulog Cianjur, unsur TNI, unsur Polri, kelmpok tani, pelaku usaha perberasan, asosiasi pelaku usaha daging ayam dan daging merah serta undangan lainnya. (*)

Editor: Red.
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close