Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, October 30, 2018

Redaksi sukabumiNews

Satgas TMMD Kodim 0102/Pidie Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada Masyarakat Desa Kumba

Satgas TMMD Kodim 0102/Pidie Beri Penyuluhan Wawasan Kebangsaan kepada Masyarakat Desa Kumba
Aceh Pidie Jaya, SUKABUMINEWS.net - Guna memberikan gambaran kepada masyarakat tentang jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka menjaga keutuhan NKRI kepada komponen masyarakat, Satgas TMMD Kodim 0102/Pidie memberi penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat Desa Kumba, Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (30/10).

Selain memberikan penyuluhan sebagai pelaksanaan sarana non fisik, Satgas TMMD Reguler ke 103 Kodim 0102/Pidie juga melaksanakan pembangunan jalan sebagai salah satu sasaran fisik.

Baca: Tim Wasev TMMD Tijau Langsung PengerjaanPembuatan Jalan Program TMMD ke 103 Kodim 0102/Pidie

Bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, Danramil 18/Trienggadeng Kodim 0102/Pidie, Kapten Inf Dwi Santosa.

Mengawali materinya Danramil 18/ Trienggadeng menyampaikan bahwa kondisi masyarakat indonesia  saat ini mengalami kelunturan nilai-nilai luhur yang diwariskan leluhur pendiri bangsa serta lunturnya rasa kebangsaan dan nasionalisme.

“Salah satu contoh nyata adalah lunturnya semangat gotong royong masyarakat kita hingga lebih mengutamakan kepentingan Pribadi,” kata Kapten Inf Dwi Santosa di tengah kegiatan.

Dia juga mengungkapkan bahwa peredaran narkoba telah merajalela dan menyasar kepada siswa dan pelajar. Hal ini menurutnya merupakan salah satu bukti kalau masyarakat tidak peduli pada lingkungan, serta pemanfaatan kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tanpa di filter dengan akhlak, budi pekerti dan iman.

“Tugas pokok dan fungsi TNI sesuai UU no 34 tahun 2004 pasal 7 ayat 1 adalah menegakkan kedaulatan negara dan mempertahankan kedaulatan keutuhan wilayah NKRI  yang berdasarkan pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara,” jelas Danramil.

Sedangkan pada ayat 2 nya tambah dia, tugas pokok sebagai apa yang dimaksud pada ayat 1 dilakukan dengan Operasi Militer untuk perang dan Operasi militer selain perang.

“Yang mana dalam pelaksanaan Operasi Militer, selain perang tersebut dilaksanakan, TNI melalui metode binter meluputi Bin Bakti TNI, Bin Komsos dan Bin Wanwil seperti yang dilaksanakan Kodim 0102/Pidie dalam Program TMMD kali ini,” imbuh Dwi Santosa.

Pada kegiatan tersebut Danramil juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa tujuan dilaksanakannya wasbang adalah untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan seluruh komponen bangsa bersinergi dalam membela serta mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pewarta: Zoni Jamil
Editor: Red
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu