Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, September 15, 2018

Redaksi sukabumiNews

Kota Sukabumi Dipercaya Menjadi Penyuplai Pangan ke DKI

SUKABUMI KOTA, SUKABUMINEWS.net - Kota Sukabumi bersiap-siap untuk menjadi penyuplai daging sapi ke kawasan DKI Jakarta. Hal itu sebagai tidak lanjut dari pembahasan terkait suplai pangan dari daerah terdekat antara Pamprov DKI Jakarta dengan beberapa daerah-daerah Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, dan Kota Sukabumi.

"Pada tahun 2020, wilayah Pemprov DKI tidak boleh menerima daging import untuk sapi dan ayam. Di di sisi lain kebutuhan pangan warga Jakarta sangat besar. Jadi dalam pengadaan pangan, Pemprov DKI bekerja sama dengan daerah-daerah di sekitarnya," kata Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan dan Kerja Sama Daerah Pemkot Sukabumi Rahmat Sukandar, belum lama ini.

Pembahasan, ujar Rahmat, tidak hanya membicarakan daging sapi, tapi juga menyangkut ayam dan daging dari hewan-hewan lainnya. Sebagai langkah awal, Pemkot Sukabumi melakukan berbagai persiapan seperti menyediakan RPH (Rumah Potong Hewan) yang higienis dan memenuhi standar. Selain itu persiapan khusus dilakukan oleh jajaran Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3).
[Foto: Rahmat Sukandar]
"Sebenarnya adanya permintaan daging dari Jakarta tersebut merupakan peluang bisnis bagi para peternak dan pelaku usaha  di Kota Sukabumi," kata Rahmat.

Dalam penyediaan daging sapi untuk disuplai ke DKI, jelas Rahmat, Kota Sukabumi akan mengambil peran sebagai holding, sedangkan tempat pembesaran sapinya di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Kedua daerah masih memiliki lahan yang cukup luas untuk lokasi pembesaran sapi.

"Terkait hal ini, kami akan menjalin kerja sama dengan kedua daerah sebagai tindak lanjut dari adanya permintaan bahan pangan asal hewan dari DKI Jakarta," jelas Rahmat.

Sudah saatnya Kota Sukabumi mengadopsi kebijakan Pemprov DKI dalam mengatur pengadaan pangan, lanjut Rahmat. Dalam hal ini, Pemprov DKI memiliki tiga BUMD yang bidang bisnisnya erat dengan pengadaan dan distribusi pangan yaitu PD Food Station, PD Pasar Jaya, dan PD Darmajaya.

"Pengiriman bahan pangan ke DKI berurusan dengan PD Darmajaya," kata Rahmat. (*)

Pewarta: Yus F Purwasari
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu