Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, July 10, 2018

Redaksi sukabumiNews

Upaya Pemda Tingkatkan Keimanan Umat Melalui Produk Hukum

[Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono bersama para pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi mengikuti acara halal bihalal yang diselenggarakan MUI Kabupaten Sukabumi].
sukabumiNews.net, CISAAT - Upaya Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan kualitas keimanan masyarakat, khususnya umat Islam, dilakukan melalui pembuatan Peraturan Bupati (Perbup) dan Instruksi Bupati (Inbup). Penerbitan kedua produk hukum tersebut  terkait dengan dengan pemberdayaan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan keimanan umat Islam.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Adjo Sardjono ketika menyampaikan sambutan pada acara halal bihalal pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi di Gedung Islamic Center Cisaat, Senin (9/7/2018). Pemerintah daerah, ujar  wabup, selalu berupaya secara optimal sesuai dengan kewenangan serta  aturan untuk meluncurkan program-program pembinaan keagamaan.

"Program-program ini diarahkan untuk kepentingan umat Islam di Kabupaten Sukabumi yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," ujar Adjo.

Produk-produk hukum yang dimaksudkan oleh wabup itu antara lain Instruksi Bupati No 1 Tahun 2016 tentang Pemungutan Zakat, Infak, dan Shadaqoh Penyedia Barang dan Jasa; Perbup No 35 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Infak, Shodaqoh, dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya Berbasis Masyarakat; Instruksi Bupati No 3 Tahun 2016 tentang Gerakan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid, Instruksi Bupati No 4 Tahun 2016 tentang Optimalisasi Pemungutan Zakat, Infak dan Shodaqoh dari PNS, serta Instruksi Bupati No 1 Tahun 2017 tentang Pengajian Majelis Taklim Aparatur.

"Selain itu, kami selalu berupaya untuk meningkatkan sinergitas ulama dan umaro sebagai bagian dari upaya tersebut," tutur Adjo.

Pemkab Sukabumi, lanjutnya, menyambut baik diselenggarakannya halal bihalal MUI karena di dalamnya terdapat bukti kuatnya kebersamaan dan sinergitas  antara ulama dengan umara yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Ketua Panitia Halal Bihalal MUI Kabupaten Sukabumi H. Uka Anwarudin menjelaskan, kegiatan yang digelarnya merupakan salah satu wujud sinergitas ulama dan umaro. Hadirin pada acara tersebut selain para pengurus MUI tingkat kabupaten dan kecamatan juga para pejabat di lingkungan Pemkab Sukabumi. Tampak pula Ketua MUI Kabupaten Sukabumi KH. Oman Komarudin.

"Tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi dan memperkuat ikhuwah islamiyah," jelas Uka. (*)

Pewarta: Rio Bagja Gumilar
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu