Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, July 3, 2018

Redaksi sukabumiNews

Pemkot Sukabumi Targetkan Kampung KB di Tiap Kelurahan

[Hj. Lilis Astri Suryanita]
sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI - Pemkot Sukabumi melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (Disdalduk, KB, P3A dan PM) mentargetkan dapat membentuk kampung KB di tiap kelurahan. Saat ini, realisasi yang tercapai baru sampai tahap satu kampung KB di tiap kecamatan.

"Jadi baru ada tujuh kampung KB sesuai dengan jumlah kecamatan. Dalam waktu dekat kami akan mendirikan satu kampung KB di setiap kelurahan," kata Kepala Disdalduk, KB, P3A dan PM Kota Sukabumi, Hj. Lilis Astri Suryanita, Senin (2/7/2018).

Untuk mewujudkan target tersebut, ujar Lilis, jajarannya terus-menerus melakukan sosialisasi sekaligus memberikan pembekalan dan pengetahuan tentang kampung KB kepada masyarakat di setiap kelurahan. Dia optimis, upaya tersebut dapat mendorong masyarakat untuk berpartisipasi penuh dalam membangun kampung KB.
 
"Program kampung KB yang mulai digencarkan pada tahun 2017 merupakan bagian dari implementasi program Nawacita yang dicanangkan pemerintah pusat. Capaian satu kampung KB di tiap kecamatan merupakan awalan untuk mensukseskan program ini di Kota Sukabumi," ujar Lilis.

Keberadaan kampung KB, lanjut dia, sangat penting dalam rangka membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang mengarah pada kebiasaan hidup sehat, termasuk dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan hingga meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat. Pembentukan sikap dan perilaku tersebut sangat penting dalam menunjang terwujudnya tujuan kampung KB yakni keluarga sejahtera.

"Mengubah sikap dan perilaku masyarakat tidak bisa dilakukan secara instan atau secara langsung. Hal ini memerlukan waktu karena harus terpenuhinya syarat pengetahuan dan pemahaman dari masyarakat. Di kampung KB, masyarakat diberi pengetahuan dan pemahaman secara berkelanjutan," kata dia.

Karena manfaatnya meliputi berbagai bidang pembangunan dan kehidupan masyarakat, program kampung KB harus melibatkan seluruh SKPD dan instansi terkait. Sasaran dari program kampung KB adalah kawasan-kawasan yang dianggap terpinggirkan seperti permukiman di pinggir kali dan rel kereta api dengan kondisi lingkungan yang kumuh dan perekonomian warganya masih rendah. (*)

Pewarta: Hendri Tias
Editor: Red.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu