Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, July 13, 2018

Redaksi sukabumiNews

Andri S Hamami: Kota Sukabumi Membutuhkan Pasar Induk

[Calon Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih Andri Setiawan Hamami membicarakan pentingnya pembangunan pasar induk di Kota Sukabumi].
sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI - Calon Wakil Wali Kota Sukabumi terpilih Andri Setiawan Hamami menyatakan, Kota Sukabumi membutuhkan kehadiran pasar induk seperti daerah-daerah lainnya. Daerah-daerah seperti Cianjur dan Bogor sudah punya pasar induk, sedangkan Sukabumi, baik kota maupun kabupaten belum memilikinya.

"Pasar induk diperlukan untuk memecahkan keramaian di Kota Sukabumi. Keramaian ekonomi akan tersebar secara merata ke seluruh pelosok kota.  Pembangunannya harus dipikirkan dan direncanakan dari sekarang," kata Andri kepada wartawan, Kamis (12/7/2018).

Selain itu pasar induk juga merupakan salah satu pusat keramaian yang dapat mendorong peningkatan ekonomi daerah dan regional. Biasanya daerah yang memiliki pasar induk memiliki daya ungkit yang cukup kuat terhadap peningkatan indeks perekonomian.

Mengenai lokasinya, menurut Andri, pasar induk harus di tempat yang relatif masih sepi dari kegiatan ekonomi dan lalu lintas seperti kawasan selatan. Kabupaten Cianjur menempatkan pasar induknya di dekat terminal bus, sedangkan pasar induk Kota Bogor di dekat dengan perbatasan di sebelah barat dengan Kabupaten Bogor.

"Mengenai rinciannya harus dibicarakan dengan para stakeholders dan mesti diawali dengan pengkajian yang mendalam," ujar Andri.

Posisi saat ini, dia dan pasangannya Calon Wali Kota Sukabumi terpilih, H. Achmad Fahmi akan berkonsentrasi pada pembangunan Pasar Pelita. Andri siap mendorong penyelesaian pembangunan Pasar Pelita yang masih dalam proses. Pasangan kepala daerah yang akan menjabat, ujar dia, berkewajiban untuk menyelesaikan pembangunan Pasar Pelita.

"Jadi sebelum membahas pasar induk, kita selesaikan dulu pembangunan Pasar Pelita. Pembangunan pasar ini harus dikerjakan sesuai dengan perjanjian. Saya mengharapkan Pasar Pelita dapat segera digunakan oleh para pedagang," ujar dia.

Pada bagian lain adik kandung Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami tersebut mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam pembangunan Kota Sukabumi. Musim Pilkada sudah selesai, ujar dia, dan sekarang saatnya semua masyarakat untuk mengambil aksi dalam kegiatan pembangunan. (*)

Pewarta: Yus F. Purwasari
Ediror: Red.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu