Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 15, 2018

Redaksi sukabumiNews

Unik dan Meriah Warnai Pawai Taaruf MTQ ke-35 Jabar

[Photo: Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan menyambut peserta pawai taaruf MTQ ke-35 tingkat Jabar didampingi Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami sebagai tuan rumah. (Photo dok. Bintang Suara Keadilan)]

sukabumiNews.net, PALABUHANRATU - Sebelum siang, Sabtu (14/4/2018) beberapa ruas jalan di Palabuhanratu tampak unik dan meriah dengan kehadiran peserta pawai taaruf kafilah MTQ ke-35 tingkat Jawa Barat. Kemeriahan berlangsung dari titik berangkat pawai taaruf di GOR Tinju hingga Pantai Karangsari. Para peserta pawai menampilkan ciri khas yang sesuai dengan karakter dan potensi daerah masing-masing.

Tidak kurang dari 6.000 orang yang mengikuti pawai taaruf tersebut. Mereka berasal dari peserta MTQ ke-35 dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat. Para peserta melewati Pendopo di Jalan Siliwangi Palabuhanratu. Di Pendopo, para peserta pawai disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang hadir bersama para bupati dan wali kota se-Jawa Barat. Tampak pula Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami dan Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono sebagai tuan rumah.

Di antara kontingen pawai ada yang membawa rombongan marching band dan semuanya menampilkan kesenian dan tradisi masing-masing. Kabupaten Subang menampilkan sisingaan, Kabupaten Tasikmalaya menampilkan seni tarangtang, dan Kabupaten Karawang mempertontonkan seni mabokuy (marawis, boboko, dudukuy).

"Hari ini kita lihat pawai taaruf meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak berlebihan kalau saya sebut MTQ kali ini pawainya paling meriah.  Boleh jadi, ini terjadi karena Palabuhanratu merupakan tempat wisata. Apalagi saya dengar para kafilah tidak hanya ikut MTQ, mereka juga akan mengunjungi geopark," kata Gubernur Heryawan.

Meriahnya pawai taaruf tentu menambah kebahagiaan bagi warga Palabuhanratu dan Kabupaten Sukabumi. Warga Kabupaten Sukabumi sebelumnya mengalami kebahagiaan setelah penetapan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) dalam sidang komite UGG di Perancis.

Setelah pawai taaruf, pada sore yang baru lewat, gubernur meresmikan pameran sarana promosi potensi unggulan daerah yang diikuti daerah-daerah peserta MTQ ke-35. Di arena pameran terdapat 40 stand bazar yang berasal dari Pemprov Jawa Barat, kota dan kabupaten se-Jawa Barat, dan UKM. Pada pameran ditampilkan berbagai produk seperti kuliner, kerajinan tangan, konveksi, batik, dan kerajinan.(*)

Pewarta: M. Ridwan
Editor: Red.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu