Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, April 25, 2018

Redaksi sukabumiNews

Sekda Tekankan Budaya Literasi Dapat Memperbaiki Kualitas Hidup

[Fhoto: Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri meresmikan Jambore Literasi di GOR Cisaat].
sukabumiNews.net, CISAAT - Masyarakat yang ingin memperbaiki kualitas hidupnya harus meningkatkan budaya literasi. Dengan meningkatkan kemampuan literasi masing-masing individu, hal itu dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup baik itu secara individu, keluarga, maupun dalam masyarakat.

"Arti literasi kurang lebih adalah hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan membaca dan menulis. Gerakan literasi berupaya untuk meningkatkan budaya membaca dan menulis masyarakat melalui berbagai program," kata Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri pada pembukaan Jambore Literasi di Kompleks GOR Cisaat, Selasa (24/4/2018).

Dengan membaca seseorang dapat memperoleh pengetahuan baru atau gagasan yang ditulis orang lain, sebaliknya dengan menulis dia dapat berbagi gagasan dan pengetahuan dengan orang lain. Melalui interaksi lewat kegiatan literasi itu, kualitas hidup seseorang dan masyarakat akan meningkat.

"Saat ini gerakan literasi mulai ditingkatkan untuk seluruh lapisan masyarakat karena belajar dan membaca merupakan hak setiap orang sepanjang hayat," ujarnya.

Membaca dan menulis, lanjut sekda, harus menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang karena kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan. Dia pun mengimbau para pemangku kepentingan untuk membentuk generasi muda di Kabupaten Sukabumi sebagai generasi berbudaya gemar membaca dan menulis agar mereka menjadi generasi yang unggul.

Selanjutnya Sekda berharap kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disippusda) Kabupaten Sukabumi untuk mampu mendukung terwujudnya salah satu misi Kabupaten Sukabumi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan religius melalui gerakan literasi.

Sementara itu Kepala Disippusda Kabupaten Sukabumi  H. Aam Ammar Halim menyampaikan, Jambore Literasi berlangsung selama  satu  hari  dengan menampilkan stand-stand perpustakaan desa binaan. Tujuannya untuk membudayakan gerakan literasi dan mensosialisasikan gerakan literasi di tengah masyarakat.

Pada acara itu, Disippusda menobatkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten sebagai Bunda Literasi Kabupaten dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan sebagai Bunda Literasi Kecamatan berdasarkan  Surat Keputusan Bupati Nomor 041/Kep.257-Diarpus/2018. (*)

Pewarta: Nandang Sutisna
Editor: Red.
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...