Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, April 10, 2018

Redaksi sukabumiNews

Bupati Sampaikan Jawaban Raperda Penyertaaan Modal dan Perubahan Hari Jadi

sukabumiNews.net, PALABUHANRATU - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan nota jawaban terhadap tanggapan fraksi-fraksi atas Raperda tentang Penyertaan Modal kepada PT. Bank Pembangunan Daerah Jabar dan Raperda tentang Perubahan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

Jawaban bupati itu disampaikan pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Senin (9/4/2018) siang. Turut hadir di rapat paripurna tersebut Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono.

Dalam jawabannya, bupati menyampaikan, terkait raperda tentang penyertaan modal kepada Bank BJB, terhadap hal itu sudah dilakukan analisa baik secara investasi maupun dari segi peraturan perundang-undangan. Salah satu acuan dalam pembentukan raperda tersebut adalah Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah.

"Tujuan penyertaan modal tersebut untuk peningkatan PAD, mewujudkan pelayanan perbankan yang prima, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah," ujar bupati.

Sesuai ketentuan, lanjut dia, raperda tentang penyertaan modal kepada Bank BJB harus sudah menjadi perda dan diundangkan paling lambat bulan Juni 2018. Penyertaan modal tersebut akan dialokasikan pada APBD perubahan 2018 atau paling lambat pada APBD 2019.

Mengenai raperda tentang Perubahan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, bupati menyatakan,  raperda ini dibuat untuk mewujudkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi yang tidak hanya sebagai rutinitas yang bersifat ceremonial dan testimonial.

Peringatan hari jadi harus memiliki latar historis dan sosiologis kedaerahan dan kemasyarakatan serta dapat dijadikan  sebagai salah satu sumber kearifan lokal.

"Hari Jadi Kabupaten Sukabumi tidak dimaknai sebagai seremonial saja, akan tetapi lebih pada semangat untuk menghargai jasa-jasa dan meneruskan cita-cita para pahlawan dan pendahulu kita. Tujuannya agar Kabupaten Sukabumi sebagai bagian dari NKRI dapat berkontribusi terhadap pembangunan kedaerahan maupun nasional," jelas bupati.

Pewarta: Rio Bagja Gumilar
Editor: Red
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu