Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, April 7, 2018

Redaksi sukabumiNews

Bupati Harapkan Peningkatan Kompetensi Dokter untuk Pelayanan yang Bermutu

[FHOTO: Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyampaikan harapan kepada para dokter yang menjadi peserta Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-2 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan kompetensi guna mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih bermutu dan merata].
sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengharapkan peningkatan kompetensi dokter untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata, dan berkeadilan bagi seluruh masyarakat. Dia percaya dokter tidak hanya dididik secara medis, tetapi juga dibekali kemampuan dalam kepemimpinan sehingga dapat menjadi agen perubahan.

Harapan bupati itu disampaikan ketika meresmikan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-2 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Sukabumi di Hotel Horison Kota Sukabumi, Jumat (6/4/2018) siang. Saat ini, ujar bupati, kuantitas dan kualitas dokter di Kabupaten Sukabumi dari tahun ke tahun terus meningkat  meskipun masih disertai kelangkaan dokter spesialis.

"Oleh karena itu melalui  momentum kegiatan ini, perlu kiranya IDI sebagai organisasi profesi meningkatkan kualitas anggotanya dari segi keilmuannya, pengabdiannya, dan  etika profesinya," kata Marwan.

Selain itu, lanjut dia, para dokter harus mampu berperan dalam  membantu program-program pemerintah untuk memajukan pembangunan kesehatan. Karena pembangunan kesehatan memiliki arti yang sangat strategis sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia yang berpengaruh secara langsung  terhadap perkembangan kualitas  sumber daya manusia dan generasi  penerus  bangsa di masa yang akan datang.

"Sedemikian penting dan strategisnya pembangunan di bidang kesehatan, pemda menempatkannya pada posisi prioritas pembangunan yang diharapkan dapat mewujudkan suatu kondisi masyarakat dengan derajat kesehatan yang lebih baik," tambahnya.

Sebagai profesi, lanjut bupati, dokter berperan sebagai trias agent yang tidak hanya bertugas mengobati pasien atau agent of treatment,  akan tetapi  juga berperan sebagai  agen perubahan atau agent of change yang  bisa mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik serta sebagai agen pembangunan atau agent of development.

Ketua IDI Kabupaten Sukabumi dr. Aria Firmansyah menyampaikan, kegiatan PIT ke-2 IDI Kabupaten Sukabumi diikuti oleh 308 dokter dan dilaksanakan selama 3 hari dari sampai dengan tanggal 8 April 2018. Salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menjawab tantangan universal coverage dengan meningkatkan kompetensi dokter di layanan primer. (*)

Pewarta: Hendri Tias
Editor: Red.
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu