Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, February 25, 2018

Redaksi sukabumiNews

Silaturahmi Akbar Persis, Kapolri Minta Anak Buahnya Gandeng Persis

[PHOTO: Kapolri Minta Anak Buahnya Gandeng Persis]
sukabumiNews, BANDUNG -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian menghadiri Silaturahmi Akbar Keluarga Besar Persatuan Islam (Persis) di Monumen Perjuangan Jawa Barat, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Sabtu (24/2). Pada kesempatan itu, Tito berpesan kepada anak buahnya di seluruh daerah agar selalu bergandengan tangan dengan Persis.

Dalam pidatonya, Tito mengaku bersyukur bisa berkumpul bersama warga Persis. "Sekaligus merasa bangga karena pertemuan ini terbesar Persis yang dulu didirikan oleh orang Palembang, KH Muhammad Zamzam," tutur Tito yang juga berasal dari Palembang.

Organisasi Persis dibentuk pada 12 September 1923 oleh H Muhammad Zamzam dan Muhammad Yunus.

Tito menagatakan Persis telah mengambil peranan penting dalam pergerakan bangsa Indonesia, menegakkan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan terutama lewat kegiatan pendidikan sekaligus dakwah untuk menyebarkan Islam di Indonesia.

"Pada kesempatan baik ini saya mengajak bapak ibu sekalian mari kita bergandengan tangan untuk mengisi kemerdekaan yang telah bapak ibu dan pendiri bangsa ini dirikan," ujar dia.

Tito berharap melalui silaturahmi ini tercipta keutuhan dalam kerangka kesatuan Republik Indonesia, tidak seperti Uni soviet dan Yugoslavia yang telah terpecah belah atau menjadi kisruh seperti Irak dan Suriah.

"Pada kesempatan ini saya berharap segenap warga Persis dapat memberikan kontribusi yang lebih luas dan perlu bergandeng tangan dengan segenap warga Islam yang lain termasuk juga dengan para umaroh. Dan untuk itu tentunya Polri siap untuk bersama Persis untuk mengisi kemerdekaan ini," kata Tito disambut pekikkan takbir.

Dia siap memerintahkan anak buahnya di kepolisian untuk bergandengan tangan bersilaturahmi dengan seluruh pengurus Persis di manapun berada.

Menurutnya, Persis adalah organisasi yang besar bagi bangsa Indonesia dan tetap eksis selama puluhan tahun sejak 1923.

[PHOTO: Kapolri, Tito Karnavian bergandeng tangan bersama Ketua Umum Persis, Ustadz Aceng Zakaria]
Sementara, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Persis Ustaz Aceng Zakaria menerangkan acara yang dihadiri puluhan ribu jamaah Persis dan undangan ormas keagamaan ini adalah peristiwa langka.

"Mungkin banyak yang bertanya ada apa pimpinan besar Persis menginisiasi silaturahmi akbar. Saya tegaskan tujuan ini memfasilitasi terjalinnya silaturahim langsung secara fisikal dan kolosal antara seluruh elemen jamiyah Persis khususnya Jabar dan utusan daerah," kata dia.

Dengan acara ini, diharapkan silaturahim secara langsung dapat menimbulkan tali silaturahim dan meningkatkan soliditas dakwah.

[POTO: Massa Persis dari Sukabumi]
Silaturahmi Akbar Keluarga Besar Persis di Monumen Perjuangan Jawa Barat dibuka dengan lantunan bacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan lagu Mars Persis.

Setelah itu dilanjutkan pertunjukan pencak silat, teatrikal puisi, musik marching band dan lain-lain.

Ketua Pelaksana Silaturahmi Akbar Keluarga Besar Persis Ihsan Setiadi Latief mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mensolidkan jamaah persis.

Ihsan menambahkan, acara juga dilakukan untuk menyolidkan di internal jamaah supaya solid. Kemudian menjalin menjalin kebersamaan dengan ormas-ormas lain untuk merapatkan barisan kembali.

"Yang sudah terdaftar 56.000 dan itu yang baru terdaftar," ujar dia. Red*

Sumber: CNN Indonesia
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu