Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, February 21, 2018

Redaksi sukabumiNews

Perbaikan Rel Tuntas, Perjalanan KA Pangrango Normal

[PHOTO: Para pengguna KA Pangrango mulai berdatangan ke Stasiun Sukabumi setelah kereta api kebanggaan masyarakat Kabupaten Sukabumi dinyatakan dapat beroperasi penuh sampai Stasiun Paledang, Bogor. (dok.BSK)]
sukabumiNews.net, SUKABUMI - Operasional KA Pangrango yang melayani relasi Sukabumi-Bogor mulai  beroperasi secara normal terhitung sejak Selasa (20/2/2018). Sebelumnya, kereta api ini hanya beroperasi sampai Stasiun Cigombong karena jalurnya terputus oleh longsor di daerah Cijeruk, Kabupaten Bogor.

"Kami nyatakan, KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi sudah mulai beroperasi penuh pada tanggal 20 Februari 2018," kata EVP Daop 1 Jakarta PT, KAI,  Dadan Rudiansyah kepada wartawan saat menyampaikan pulihnya operasional KA Pangrango, seperti di kutip sukabumiNews dari bintang-suarakeadila dot com (BSK), Rabu (21/2).

Sebelum dinyatakan siap 100 persen untuk dilalui, jalur rel yang tertimpa longsor diuji coba dengan menggunakan lokomotif dengan pengawasan dari Direktorat Keselamatan, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan. Melalui beberapa kali uji coba, Direktorat Keselamatan memutuskan, jalur Bogor-Sukabumi aman untuk dilalui kereta api.

"Kurang lebih dua minggu KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi berhenti beroperasi akibat bencana longsor yang terjadi pada 5 Febuari 2018," ujar Dadan.

Pada tanggal 10 Februari 2018, KA Pangrango dapat melayani relasi Sukabumi-Cigombong setelah dilakukan perbaikan rel yang terkena longsor di petak Cicurug-Cigombong.

"Penanganan sudah dilakukan sejak hari pertama terjadinya longsor. Setelah evakuasi korban longsor dinyatakan selesai, kami mendapat izin dari pihak yang berwenang untuk mengerjakan perbaikan rel. Kami bekerja siang dan malam selama 24 jam. Meskipun terkendala cuaca yang kurang bersahabat, usaha perbaikan tetap diteruskan sehingga pengerjaan selesai sesuai dengan target," ujar Dadan.

Setelah operasional pulih, jadwal KA Pangrango kembali seperti semula yakni tiga kali pemberangkatan. Berangkat dari Sukabumi dan tiba di Bogor:   KA 389 : 05.15 - 07.18, KA 391 : 10.25 - 12.28, dan KA 393 : 15.45 - 17.48. Sebaliknya berangkat dari Bogor dan tiba di Sukabumi: KA 390 : 07.50 - 09.54, KA 392 : 13.10 - 15.13, dan KA 394 : 18.30 - 20.31.

Tarifnya tidak berubah, kelas eksekutif Rp50 ribu dan kelas ekonomi Rp20 ribu untuk hari biasa serta kelas eksekutif Rp60 ribu dan kelas ekonomi Rp25 ribu untuk weekend.

"PT. KAI Daerah Operasi 1 Jakarta menyampaikan permohonan maaf atas gangguan pada perjalanan kereta api lintas Bogor - Sukabumi," ungkap Dadang. (Red*/BSK)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu