Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, February 4, 2018

Redaksi sukabumiNews

Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Siap Luncurkan Aplikasi Android Wisata

[Photo: Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga]
sukabumiNews, SKABUMI - Guna mempermudah pelayanan publik di bidang pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi akan memanfaatkan aplikasi Android bernama Wonder Apps. Melalui aplikasi tersebut, para turis yang akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Kabupaten Sukabumi dapat memperoleh gambaran mengenai detail, rute, dan berbagai fasilitas akomodasi di tempat tujuan hanya dengan menyentuh layar hp.

"Semua kawasan wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi termuat dalam aplikasi ini. Para wisatawan dari berbagai daerah maupun mancanegara sangat terbantu oleh aplikasi Wonder Apps tersebut," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Yudi Panca Yoga ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2018) kemarin.

Dengan aplikasi itu, para wisatawan akan dipandu oleh program berbasis Android untuk tiba di tempat wisata yang akan dituju. Dengan begitu, sebelum tiba di tempat tujuan, para wisatawan telah memperoleh gambaran yang lengkap tentang keadaan di tempat tujuan seperti tarif hotel, makanan khas, harga makanan dan minuman, serta fasilitas penunjang lainnya.

"Aplikasi ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada para turis yang akan berkunjung ke tempat-tempat tujuan wisata. Informasi yang ada di dalam aplikasi terus diupdate untuk memberikan kemudahan kepada para turis," kata Yudi.

Pemberlakuan Wonder Apps, lanjut dia, merupakan gebrakan Pemprov Jawa Barat yang salah satu tujuannya untuk mempromosikan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP) ke mancanegara. Pada saatnya nanti, GNCP akan dijadikan primadona dalam tahun kunjungan wisata Jawa Barat.

"Insya Allah aplikasi tersebut akan diresmikan langsung Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate Bandung pada bulan Maret mendatang," ujar dia.

Sudah seharusnya, lanjut Yudi, gebrakan Pemprov Jabar itu diikuti dengan kesiapan masyarakat, terutama mereka yang tinggal di sekitar objek wisata. Masyarakat harus membiasakan dengan sikap ramah disertai senyum ketika menerima wisatawan. Para pedagang mesti memberlakukan harga makanan dan minuman yang sewajarnya serta selalu menjaga kebersihan lingkungan. RED*
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu