Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, January 11, 2018

Redaksi sukabumiNews

Pemerintah Persatuan Libya Umumkan Diakhirinya Operasi Militer di Perbatasan Libya-Tunisia

sukabumiNews, TRIPOLI – Pemerintah Persatuan Libya yang disokong PBB  Senin (08/01) lalu mengumumkan diakhirinya operasi militer di dekat wilayah perbatasan Libya-Tunisia.

Dalam pernyataannya, Dewan Presiden Pemerintah Persatuan Libya menyatakan pihaknya telah memberikan perintah untuk mengendalikan persimpangan perbatasan Ras Ajdir dengan Tunisia, dikutip dari AA.

Dilaporkan bahwa tindakan-tindakan keamanan akan diambil pemerintah di wilayah tersebut, dan pemerintah bersumpah untuk terus mengejar “para penjahat dan pelanggar hukum dengan segala cara”.

Pada hari Jumat (05/01) pekan lalu, 2 warga Libya tewas akibat pertempuran antara kelompok bersenjata yang loyal kepada pemerintah persatuan Libya dan kelompok bersenjata yang loyal dengan para pejabat perbatasan Libya di kota Ras Ajdir di perbatasan Tunisia.

Sejak 2011, ketika pemimpin karismatik Libya Muammar Gaddafi digulingkan dan dibunuh dalam sebuah pemberontakan berdarah, kelompok-kelompok bersenjata bersaing  untuk menguasai jalur strategis Ras Ajdir, sebuah terminal darat utama antara Libya dan Tunisia.

Setelah penggulingan Gaddafi, perpecahan politik di Libya menghasilkan 3 kekuatan rival dalam pemerintahan yang salah satunya berbasis di kota Tobruk, Libya Timur – dan sejumlah kelompok milisi-milisi yang saling bersaing.

Negara kaya minyak di Afrika Utara itu kini tetap bergolak, dengan perpecahan politik negara tersebut yang menghasilkan setidaknya tiga kursi pemerintahan yang berbeda dan sejumlah kelompok milisi-milisi yang saling bersaing. RED*


Sumber: Panjimas
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu