Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, December 15, 2017

Redaksi sukabumiNews

Bupati Sukabumi Serukan Pelestarian Produk Seni Kerajinan

sukabumiNews, CIRACAP - Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerukan upaya pelestarian dan penggalian potensi produk seni kerajinan yang berkembang di tengah masyarakat. Karena selama ini seni dalam  perjalanannya  kerajinan telah  berperan  secara  nyata  dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian rakyat.

Seruan bupati itu disampaikan dalam sambutan ketika membuka acara Temu UMKM dan Gathering Pengrajin di Vila Febi Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/12/2017). Di Kabupaten Sukabumi, kata bupati, peranan serta  potensi seni kerajinan sangat besar. Para pengrajin memiliki potensi dan kemampuan untuk meningkatkan kreativitas secara dinamis.

"Karena itu seni kerajinan di Kabupaten Sukabumi  perlu digali, dilestarikan, dibina,  dan didorong pertumbuhan serta perkembangannya," kata bupati.

Terkait dengan tujuan dilaksanakannya Temu UMKM atau Gathering Pengrajin yakni untuk menyerap aspirasi pengrajin khususnya di wilayah VI Pajampangan, perlu peningkatan sinergitas program  antara  Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) Kabupaten Sukabumi dengan perangkat daerah dan pemangku kepentingan terkait pembinaan para pengrajin. Targetnya mereka dapat menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi.

"Sinergitas program ini sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas produk kerajinan dan kualitas SDM pengrajin. Untuk regenerasi pengrajin diperlukan fasilitasi dan pembinaan terhadap mereka melalui pengembangan teknologi, inovasi, kreativitas, dan efisiensi sehingga bisa memenangi persaingan," ujar Marwan.

Bupati mengajak para pengrajin untuk memanfaatkan Temu UMKM dan Gathering Pengrajin ini  dengan    sebaik-baiknya sebagai   ajang   tukar pikiran dan pengalaman. Dari kegiatan itu, para pengrajin dapat menjaga eksistensi dengan menghasilkan produk-produk khas dan dapat dijadikan unggulan daerah.

Ketua Dekranasda Kabupaten Sukabumi Ny. Hj. Yani Jatnika Marwan menyatakan, organisasi yang dipimpinnya akan lebih meningkatkan peran dan fungsinya untuk dapat ikut mendukung pembangunan dan pengembangan pengrajin.

“Kendala yang saat ini dihadapi pengrajin adalah menyangkut desain serta pemasaran yang masih terbatas sehingga perlu adanya perluasan pemasaran dan pengemasan produk yang bagus dan menarik. Hal ini memerlukan mekanisme sinergitas antara pengrajin, pemerintah, dan pengusaha," jelasnya.
 
Sementara itu Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Sukabumi Asep Japar menyampaikan, kegiatan yang digelarnya diikuti para pengrajin se-wilayah 6. Tujuannya untuk menyerap aspirasi para pengrajin dalam rangka pengembangan UMKM di Kabupaten Sukabumi sehingga dapat menunjang pertumbuhan perekonomian daerah.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Perindustrian dan ESDM, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Sukabumi, para camat se-wilayah 6, dan pengurus Dekranasda Kabupaten Sukabumi.

Pewarta: Yudi Prangga/Zeffry Subianto
Editor: Wawan Aries
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu