Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, October 29, 2017

Redaktur

Akibat Air Meluap, Akses Jalan Perbatasan Sukabumi Timur Terputus

sukabumiNews, CIREUNGHAS - Jalan penghunung wilayah perbatasan Sukabumi Timur dengan Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur yang berada di Kp. Cireunghaa RT4/RW2 Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas Kabupaten Sukabumi, terputus akibat luapan air sungai pasca hujan deras melanda, sabtu malam, 28/08/2017.

PHOTO: Tampak Aparat Kepolisian dan TNI sedang membantu mengatur kelancaran pejalan kaki dan pemotor.
"Kejadiannya sabtu malam, dan kami lansung ambil tindakan," kata Kepala Desa Bencoy, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Hasanudin kepada sukabumiNews.net saat ditemui di tempat kejadian minggu, 29/10/2017.

Sebelumnya lanjut Kades, karena sudah ada tanda-tanda perlu perbaikan, Pemdes Bencoy sudah lebih dahulu mengantisipasi melalui sosialisasi kepada masyarakat dan sudah dibuat estimasi untuk penanganannya. Sehingga pasca kejadian, Pemdes Bencoy, warga bersama Polisi dan TNI  aksi cepat bergotongroyong memperbaiki jalan dan membuat jalan sementara dari kayu dan bambu untuk kendaraan roda dua sebagai langkah darurat.

"Sebelumnya sudah kami antisipasi karena terlihat gorong-gorong di bawah jalannya sempit dan aspal jalannya sudah melengkung ke bawah, tapi musibah lebih cepat datang," Imbuh Hasan.

Dari pantauan sukabumiNews.net di lapangan, kerusakan jalan berdiameter 6 x 4,5 meter dan di bawahnya ada aliran sungai yang ditutup gorong-gorong kecil. Pada waktu kejadian, hujan begitu deras sehingga tidak bisa menahan luapan air yang terlalu besar. "Air nya terlalu besar, jadi tidak bisa menahan luapannya," jelas Brigadir Dikri Nur Hakiem, Bhabinkamtibmas Desa Bencoy yang sejak sabtu malam membantu di lokasi.

Di lapangan juga terlihat Danramil Sukaraja, Kapten Ahmad Samas, Babinsa Desa Bencoy, Serda Amin Shaleh beserta beberapa anggota TNI lainnya yang tengah sibuk membantu warga memperbaiki jalan rusak.


Sementara menunggu bantuan dari BPBD Kabupaten Sukabumi yang rencananya datang hari ini, pengguna roda 4 yang akan menuju Campaka-Cianjur dan yang hendak berwisata ke situs bersejarah Gunung Padang, harus menggunakan jalan alternatif. Jalan alternatif yang bisa dilalui antara lain, Jalan Tegalsereh Desa Caringin, Kecamatan Gegerbitung melalui Desa Cimenteng, Campaka, Cianjur atau bisa melalui Kp. Cilubang Desa Bencoy dengan jarak tempuh sejauh 4 kilometer lebih. AGUS SETIAWAN
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu