Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, September 18, 2017

Redaktur

Bangunan M.Ts. Miftahul Falah di Ambang Kehancuran

sukabumiNews, PALABUHANRATU - Bangunan M.Ts. Misfathul Falah di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi benar-benar tidak layak sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Dari enam ruang yang dimiliki sekolah ini, lima ruang di antaranya dalam keadaan bobrok. Kalau dibiarkan, kerusakan pada bangunan sekolah tersebut dapat memicu terjadinya keruntuhan bangunan.
           
"Kondisi ini sudah kami alami selama beberapa tahun ke belakang. Kami sudah menyampaikan pemberitahun kepada pemerintah tentang kondisi bangunan sekolah ini. Namun sampai sekarang belum ada tanggapan dari pemerintah," kata kepala M.Ts. Mifathul Falah, D. Suhaeri. S.Pd.I. kepada wartawan, Senin (18/9/2017).
           
Semua ruangan kelas di M.Ts. Mifathul Falah mengalami masalah pada plafonnya yang sudah hancur berantakan. Bagian plafon ini rusak berat karena sering terkena air hujan yang bocor dari genteng. Rangka kayu penahan plafon juga dalam keadaan rapuh dan lapuk. Dalam jangka panjang, kerusakan para plafon ini akan bertambah luas dan dapat mengancam keselamatan para siswa.
           
Selain plafon, dua kelas tidak memiliki jendela dan pintu yang masih utuh. Kusen serta daun jendela dan pintu tampak tidak mulus lagi dan berfungsi sebagai penutup ruangan. Sementara ruangan yang lainnya mengalami kerusakan pada bagian lainnya. Tegel keramik banyak yang lepas dari dasar lantai sehingga menyisakan permukaan dari campuran semen dan pasir yang kasar. 
           
"Jumlah ruangan yang mengalami kerusakan sebanyak lima termasuk ruangan kepala sekolah dan guru dengan tingkat dan jenis kerusakan yang bervariatif. Intinya ruangan-ruangan tersebut harus mengalami rehab berat agar layak digunakan sebagai tempat belajar," ujar Suhaeri.
           
M.Ts. Miftahul Falah memiliki 180 siswa dengan rincian  kelas 7 sebanyak 55 orang, kelas 8 sebanyak 60 orang, dan kelas 9 sebanyak 65 orang. Untuk ukuran sekolah di pelosok, jumlah siswa tersebut tergolong banyak. Para siswa tersebut dibina dan didik oleh para guru yang jumlahnya 16 orang.
Para siswa M.Ts. Mifatahul Falah sering meraih prestasi antara lain pernah menjadi juara I pada lomba mata pelajaran biologi dan prestasi olahraga untuk tingkat Wilayah 4 Palabuhanratu. (RED)
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu