Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, August 14, 2017

sukabumiNewsnet

Persami Kwarran Cibeureum Disambut Antusias Para Peserta Didik

"Pendidikan Kepramukaan Adalah Wadah Pengembangan Keterampilan dan Kreativitas Peserta Didik"

sukabumiNews.net, CIBEUREUM – Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang berlokasi di Kp. Cibeureum Kota Sukabumi, disambut dengan antusias oleh para guru, pembina dan para peserta didik keperamukaan. Sebab menurut menurut Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Cibeureum, Kota Sukabumi, H.Jejeh Zaenal,M.Pd., kegiatan seperti ini merupakan salah satu wadah untuk mengembangkan keterampilan.

“Pendidikan kepramukaan merupakan wadah pengembangan keterampilan dan kreativitas peserta didik untuk menggali potensi siswa, dan banyak hal lain yang bisa diperoleh dari kegiatan pramuka,” ucap Jejeh kepada sukabumiNews, disela-sela kegiatan Sabtu-Minggu (12-13/8) kemarin di SDN CBH 5 Kota Sukabumi.

“Beranjak dari wacana itulah maka Gerakan Pramuka Kwarran Cibeureum siap mengembangkan dan menggali segala potensi yang tersimpan disetiap Gugus Depan (Gudep),” tutur Jejeh yang saat itu didampingi Ketua Panitia Persami, Hj Heni Kurniasih,S.Pd.

Jejeh menambahkan, pada dasarnya setiap peserta didik yang terlibat dalam kepramukaan  akan memiliki  karakter  dan kemampuan yang berbeda. Namun, jels dia, hal itu akan dievaluasi serta dianalisa melalui kegiatan Persami Pramuka Ranting yang dilaksanakan atas dasar perundangan tentang Gerakan Pramuka, juga acuan program kerja Kwaran. “Oleh karenanya, kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dan memotivasi kebanggaan serta kecintaan mereka terhadap gerakan pramuka,” harap dia.

Adapun menurut Jejeh, sasaran kegiatan ini adalah Seluruh Pembina Pramuka yang ada di Wilayah Kecamatan Cibeureum, khususnya Pembina Pramuka Penggalang, Para Peserta didik sebagai anggota Pramuka Penggalang. “Adapun suksesnya acara kegiatan ini tidak terlepas atas peran dan dukungan dari para Mabigus dan Mabiran yang  berada di Wilayah Kecamatan Cibeureum.” Jelasnya.

Acara Persami ini di ikuti 403 Peserta terdiri dari 59 orang jajaran panitia dan Pembina, 173 penggalang putra dan 171 penggalang putri yang berasal dari 15  Sekolah Dasar, 1 Madrasah Ibtidaiyah dan 1 Sekolah Menegah Pertama.

Adapun materi yang akan dan sedang dilaksanakan diantaranya yaitu Ceramah  Umum, PBB, Tekpram (Tehnik kepramukaan), materi sandi Semaphore, simpul, morse, pengenalan atribut kepramukaan, Kecakapan Indra Manusia (KIM), penglihatan, penciuman, meraba, api unggun dan Game.

Kegiatan Persami di SDN Cibeurum Hilir 5 ini dimulai dari tanggal 12 hingga 13 Agustu 2017, kemarin dan ditutup langsung oleh H. Muhammad Muraz selaku Walikota Sukabumi, sekaligus selaku Ketua Koarcab Gerakan Pramuka Kota Sukabumi.

Dalam sambutan di acara penutupan Persami itu Muraz mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak atas suksesnya pelaksanaan kegiatan Persami yang telah berjalan dengan baik dalam mensukseskan HUT Pramuka tingkat Kota ini. (Nanan)


Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu