Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Monday, August 14, 2017

Redaktur

Babakanjaya Wujudkan Linmas yang Piawai Mengabdi

sukabumiNews.net, PARUNGKUDA -  Upaya Pemdes Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi untuk meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat terus digencarkan. Salah satunya memberdayakan Linmas (Perlindungan Masyarakat).
            
Di bawah kepemimpinan Plt. Kepala Desa Babakanjaya U. Bahrudin, program pemberdayaan Linmas tersebut berjalan mulus. Menurut Bahrudin, anggota Linmas harus diberi pelatihan agar mereka  selalu siap sedia dan siaga untuk menjalankan fungsi-fungsi perlingdungan bagi masyarakat ketika terjadi kejadian-kejadian luar biasa yang membutuhkan kehadiran Linmas.
           
"Kami membutuhkan tenaga dan SDM yang selalu siap untuk diterjunkan dalam kegiatan perlindungan masyarakat. Karena itu, Linmas harus dibina agar mereka lebih memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan dan pelindung masyarakat," ujar Bahrudin.
           
Kegiatan pembinaan Linmas Desa Babakanjaya dilaksanakan pada akhir bulan Juli lalu yang melibatkan 30 personel. Pelatihan digelar di dalam kantor desa maupun di luar ruangan dengan menghadirkan para pelatih dan pembina dari Satpol PP.
           
"Para peserta pelatihan diberi materi keterampilan dan pengetahuan seputar  penanganan permasalahan di tengah masyarakat seperti keributan, bencana alam, pengaturan lalu lintas. Untuk meningkatkan disiplin dan kekompakan, mereka memperoleh materi pelajaran baris-berbaris," jelas Bahrudin.
           
Disampaikan Plt. Kepala Desa Babakanjaya yang sehari-hari menjabat Mantri Polisi Kantor Kecamatan Parungkuda, setelah mengikuti latihan, Linmas Babakanjaya lebih dapat diandalkan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Mereka dapat bergerak cepat dan memiliki daya tanggap yang tinggi terhadap kejadian di masyarakat.
           

Idealnya jumlah anggota Linmas itu sama dengan jumlah RT, lanjut Bahrudin. Di setiap RT terdapat satu orang anggota Linmas. Untuk ukuran Desa Babakanjaya, jumlah Linmas ideal sekitar 40 hingga 50 orang. (TB SHARLY/E. HAMID)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...