Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 30, 2017

Redaktur

Pipa Air Sepanjang 10Km Dibentangkan Warga Babakan Kencana Untuk Mengantisipasi Kekeringan Air Bersih

sukabumiNews.net, CICURUG – Untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau, warga Kp. Babakan Kencana, mulai dari RT. 01 hingga RT.05 RW. 06 Desa Benda Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi, bersama Pemerintah Desa Benda dan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Benda Lestari, bergotong-royog membangun sarana air bersih,  Kamis (27/04/17).

Mereka memasang Pipa air sepanjang 10 kilometer yang dibentangkan dari sumber mata air Cipadaranten Gunung Gede Pangrango hinggga ke pemukiman warga. Aliran air tersebut kemudian ditampung di bak penampungan yang telah tersedia di tiap-tiap RT, lalu dialirkan ke rumah-rumah penduduk.

Koordinator BKM Benda Lestari, Ujang Muhidin kepada sukabumiNews menuturkan, kegiatan tersebut dapat terlaksana karena kerjasama yang baik antara masyarakat Babakan Kencana bersama BKM Benda Lestari dan Pemerintah Desa Benda.

Sementara, lanjut Ujang, dana untuk melaksanakan kegiatan ini bersumber dari kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat APBN 2016  yang dititipkan melalui satuan kerja Provinsi Jawa barat dalam program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). “Ditambah bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari salah satu perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK),” jelasnya.

Ujang juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada masyarakat yang telah mau bekerjasama, bahu-membahu dalam pelaksanaan kegiatan penyediaan sarana air bersih ini.

“Saya selaku Koordinator BKM Benda Lestari sangat berterimakasih kepada masyarakat Babakan Kencana karna mau bekerjasama dari awal hingga akhir.” Ucap Ujang. “Tidak lupa kepada BKM Benda Lestari dan pemerintah Desa Benda yang dipimpin oleh Bapak H. Andi Mulyasana, begitupun kepada perusahaan yang telah memberikan bantuan CSR-nya.” Ungkap Ujang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Benda H. Andi mulyasana, SE, saat ditemui dikantornya, dihari yang sama. Andi menjelaskan, kegiatan pipanisasi dan pembangunan sarana air bersih tersebut bias terlaksana berkat kerjasama masyarakat yang ada di wilayahnya .

“Alhamdulillah pembangunan sarana air bersih di Kp. Babakan Kencana, ini bisa terlaksana berkat partisipasi masyarakat yang bekerja dari awal hingga akhir, dari mulai memngangkut pipa ke gunung hinga membangun bak-bak penampungan,” papar Andi.

Ia pun berharap, program tersebut dapat bermanfaat bagi semua masyarakat, khususnya di Kp. Babakan kencana. “Selamat dan sukses untuk warga babakan kencana”. Ucap H. Andi.


Dengan adanya sarana air bersih yang tersedia di lingkungan yang dekat dengan tempat tinggalnya, satu warga Babakan Kencana menyatakan, dirinya dan keluarga sangat senang karena kini di kampunya memiliki sarana air bersih yang melimpah hingga tidak perlu takut kekurangan air jika musim kemarau tiba. (Yudi Prangga)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu