Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, March 26, 2017

Redaktur

Setelah Pelatihan, Warga Bojongsawah akan Kembangkan Budidaya Ikan Patin

sukabuminews.net, KEBON PEDES - Warga Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi akan mengembangkan keterampilan budidaya ikan patin dan ikan lele yang diperolehnya dari pelatihan singkat selama 5 hari. Berkenal keterampilan dan pengetahuan yang dimiliknya, mereka bakal menjadi pelopor dalam budidaya ikan patin dan ikan lele di Desa Bojongsawah.
           
"Kami harus mempraktikkan keterampilan dan pengetahuan yang kami peroleh dari pelatihan. Mudah-mudahan ada stimulus dari pemerintah untuk mewujudkan keinginan kami dalam budidaya ikan patin," kata Herman Bapoy, salah seorang warga yang mengikuti pelatihan budidaya ikan kepada wartawan, Minggu (26/3/2017).
           
Di desa tempat tinggalnya, ujar Herman, sumber daya air cukup melimpah ruah dan mendukung usaha budidaya air tawar, termasuk ikan patin. Sumber air dan keterampilan yang dimiliki warga merupakan perpaduan yang harmoni untuk memulai dan mengembangkan usaha dan budidaya ikan patin dan lele.
           
Pelatihan buidaya ikan air tawar di Desa Bojongsawah menggunakan tempat praktikum di kolam milik Dadun yang terletak di Kampung Tanjungsari. Para peserta diberi materi teori dan praktik dari para narasumber yang berasal dari kalangan pakar dan praktisi perikanan dari berbagai instansi. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama Kementerian   Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi.
           
Dalam paper yang dibagikan kepada para peserta tercantum, tujuan pelatihan adalah  meningkatkan sumber daya manusia dan pendapatan masyarakat dalam pengelolaan ikan air tawar, khususnya di Desa Bojongsawah. Para peserta juga diberi materi seputar teknik budidaya ikan lele. Jumlah peserta mencapai 30 orang yang berasal dari berbagai kedusunan di Desa Bojongsawah.
           
Pada pelatihan itu, Sulhi, pemateri dari Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Air Tawar menyampaikan materi tentang  pembuatan pakan ikan yang berkualitas tinggi. Dalam paparannya, Sulhi juga menyampaikan cara memberikan makanan yang benar kepada ikan supaya produksinya maksimal.  
           
Narasumber lainnya Eko dan Hanura dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi. Materi yang disampaikan adalah tentang teknik mengawinkan ikan dan cara pemijahan yang benar. (Herman)
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu