Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, March 19, 2017

sukabumiNewsnet

BPBD Purbalingga Berhasil Angkat Mobil yang Terperosok di Jembatan Putus

sukabumiNews.net, - PURBALINGGA - Badan Penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Purbalingga berhasil mengangkat mobil yang terperosok dalam lubang jembatan Sungai Klawing yang putus di Kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Pemerintah setempat berjanji akan segera membangun kembali jembatan tersebut karena merupakan jembatan utama penghubung dua kecamatan di daerahnya.

Proses evakuasi dilakukan menggunakan mobil derek yang didatangkan oleh BPBD Purbalingga. Mobil R 9426 MC tersebut terjatuh dari atas dan selanjutnya tersangkut di dasar jembatan yang terputus akibat tergerus derasnya air sungai yang sedang meluap.

"Kita datangkan mobil derek dari Tim SAR kita untuk segera dievakuasi dari sebelah timur, karena dari sebelah timur ini lebih permanen posisi jembatannya dibanding sebelah barat yang dimungkinkan tidak kuat menahan beban," ujar kepala BPBD Purbalingga, Satya Giri Podo, Minggu (19/3/2017).

Seperti diberitakan detikcom, jembatan Sungai Klawing di Dukuh Bandingan, Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga, yang menghubungkan antara Kecamatan Bobotsari dan Kecamatan Karanganyar, putus total karena ambles, Sabtu kemarin. Satu unit mobil yang sedang melintas jatuh terperosok bersama pengemudi dan penumpangnya. Dalam kejadian itu, sopir dan satu penumpang berhasil diselamatkan warga.

Bupati Purbalingga, Tasdi, menegaskan akan segera memperbaiki jembatan Klawing karena fungsinya yang vital sebagai penghubung utama dua kecamatan di daerahnya. Pemkab akan membuat bronjong untuk mengurangi derasnya air dilanjutkan dengan pengerukan dan normalisasi sungai. Diharapkan dalam dua minggu sudah bisa diselesaikan.

"Tidak perlu ada jembatan darurat karena setelah pemasangan bronjong kemudian pengurukan dan pengecoran beton diaspal selesai. Teman-teman dari PU sudah menganalisa dalam waktu bisa dilalui kembali," ujarnya.
Terkait putusnya jembatan Klawing, Tasdi mengatakan bahwa saat ini Pemkab Purbalingga memang mempunyai program pemeliharaan jembatan. Saat ini di Purbalingga terdapat sekitar 260 jembatan. Dari jumlah itu hanya 40 persen dalam kondisi baik dan 60 persen lainnya perlu perhatian khusus karena sudah berusia di atas 25 tahun. [Red*/]
Subscribe Situs Ini via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu