Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, March 4, 2017

Redaktur

2 Kado Istimewa Raja Arab untuk Masjid Istiqlal

SUKABUMINEWS.NET, JAKARTA - Raja Salman mengunjungi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia.

Raja Salman mengunjungi Masjid Istiqlal yang dinamai dari potongan bahasa Arab dari kata merdeka. Rumah ibadah itu dibuka untuk umum pada 1978.

Dalam kunjungannya kali ini, Raja Salman memberikan 2 'kado' istimewa untuk Masjid Istiqlal, bertepatan dengan ulang tahun bangunan ibadah umat Muslim itu. Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (3/3/2017).

1. Kain Mirip Kiswah Kakbah

Raja Salman memberikan sepotong tullisan kaligrafi ayat Alquran yang disulam dengan benang emas pada kain hitam tebal. Bentuknya mirip kiswah atau kain penutup Kakbah.

Setelah berdoa di Masjid Istiqlal, Raja Salman bertemu sejumlah tokoh agama Islam di Istana Presiden.

Seperti dilansir Liputan6.com, Usai salat sunah tahiyatul masjid di Istiqlal, Raja Salman bin Abdulaziz al Saud memberikan cendera mata itu.

Pemberian kiswah yang besarnya tak lebih dari 3 meter tersebut melalui Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar.

Kemudian ia menandatangi sejumlah perjanjian antara Arab Saudi dan Indonesia, mulai dari perdagangan untuk penerbangan.

2. Ayat Al Quran untuk Indonesia

Hadiah Kiswah dari Raja Salman itu memuat kaligrafi ayat suci Alquran, yang dijahit oleh orang kepercayaan kerajaan Arab Saudi menggunakan benang emas.

Kaligrafi tersebut berisi ayat 125 Surat Al Baqarah, yang membahas mengenai Kakbah. Arti ayat tersebut adalah:

 "Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang iktikaf, yang rukuk dan yang sujud".

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kiswah itu diberikan khusus Raja Salman untuk Masjid Istiqlal.

Lukman tidak menjelaskan ayat maupun makna yang tertulis dalam kiswah itu. Yang pasti, hadiah ini sebagai tanda kepedulian dan kedekatan Raja Salman dengan masyarakat Indonesia.

"Intinya itu adalah simbol bahwa perhatian tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat Saudi Arabia terhadap Indonesia begitu besar," ucap Lukman di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Jadi itu sebagai simbol bahwa hati beliau tetap melekat di hati umat muslim Indonesia dan itu dihadiahkan secara simbolis kepada Masjid Istiqlal," tambah dia.

Kepala Bidang Protokoler dan Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan pemberian potongan kain kiswah atau penutup Kakbah oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud menjadi kebanggaan dan kado ulang tahun yang berkesan bagi untuk Masjid Istiqlal. (Red**)
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu