Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, February 3, 2017

Redaktur

Desa Cihamerang Bersiap Wujudkan Zona Wisata Alam

sukabumiNews.net, KABANDUNGAN - Pemerintah Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi bersiap-siap untuk mewujudkan visi pembangunan zona wisata alam. Modal dasar untuk merealisasikan visi tersebut telah tersedia dalam jumlah yang berlimpah yakni hamparan pesawahan, perbukitan yang hijau dan asri, serta bentangan sungai yang meliuk-liuk di celah lembah.
           
"Insya Allah, tahun 2017 ini, zona wisata alam di desa kami dapat diwujudkan. Karena modal dasarnya sudah tersedia berupa keindahan alam, kami tinggal memikirkan dana untuk pembuatan infrastruktur dan penataan fasilitas," kata Kepala Desa Cihamerang Dedi Hermawan kepada wartawan, pekan lalu.
           
Wilayah Desa Cihamerang terletak persis di bawah Gunung Salak yang terkenal dan legendaris. Di desa ini, hampir semua kampung dikelilingi oleh bukit-bukit yang menjadi benteng alam nan hijau. Persawahan yang luasnya mencapai ratusan hektare menghampar di bagian lembah dan dataran rendah. Suasananya masih alami dan asri. Burung-burung berkicau tiada henti menyambut datangnya pagi, siang, sore, petang, dan malam hari.  
           
Untuk mewujudkan zona wisata alam tersebut, Pemdes Cihamerang akan segera membangun jalan khusus sepanjang 6 kilometer yang membelah pesawahan. Ruas jalan ini menghubungkan dua kampung yakni Kampung Pasireurih dan Kampung Ciraksamala.
           
"Jalan ini multifungsi, selain sebagai akses untuk masyarakat juga dijadikan jalur wisata. Para wisatawan dapat bersepeda di jalan ini sambil menikmati pemandangan ke arah perbukitan dan Gunung Salak," jelas Dedi.
           
Untuk mendukung wisata alam tersebut, Bumdes Cihamerang akan menyediakan sepeda bagi para pengunjung. Dengan sepeda sewaan, wisatawan dapat berkeliling kampung sambil menikmati suasana perdesaan yang segar dan bebas polusi. 
           
Setelah bersepeda, para pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju berbagai objek wisata di Cihamerang seperti Curug Luhur yang berada di Kampung Ciraksamala. Kelelahan setelah bersepeda dan berjalan kaki menapaki tanjakan akan hilang setelah melihat keindahan curug dan mendengar bunyi gemuruh air yang terjun bebas dari perbukitan.
           
 "Masyarakat akan dilibatkan dengan menjadi penjual makanan khas dan hasil pertanian dari bumi Cihamerang. Desa kami merupakan penghasil sayur-sayuran dan buah-buahan dengan kualitas tinggi," ujar Dedi.
           
Kepala Desa Dedi mengharapkan zona wisata alam Cihamerang dapat mengangkat taraf ekonomi masyarakat. Peningkatan ekonomi masyarakat tersebut, kata dia, merupakan faktor pembangkit untuk mengantarkan Desa Cihamerang ke predikat desa mandiri. (Yudi Prangga/Siti Rahayu)

Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu