Breaking
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, February 4, 2017

Redaktur

Bias Ketidakberdayaan Sekolah menghadapi UNBK SMU 1 Campaka Purwakarta

Dalam kurun waktu 3 bulan mendatang, setiap sekolah di seluruh Indonesia akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang masih memberlakukan UNBK sebagai salah satu persyaratan kelulusan suatu sekolah.

Penting untuk dicermati bahwa tidak tiap sekolah memiliki sarana penunjang untuk melaksanakan hal tersebut. Hal ini seperti yang terjadi di SMU 1 Campaka kab. Purwakarta. Sekolah ini belum sepenuhnya siap dalam menghadapi hal tersebut. Hal ini mengakibatkan kebijakan sekolah mengharuskan setiap siswanya yang akan menghadapi ujian untuk mempersiapkan dana sebesar 615rb yang harus dibayarkan di akhir bulan februari ini.

Keterpaksaan sekolah mengambil kebijakan ini disebabkan sekolah belum memiliki komputer berbasis jaringan sehingga terpaksa mengikutkan para siswanya di sekolah lain. Tapi di sisi yang lain apakah hal ini tidak berbenturan dengan kebijakan pemerintah pusat atau daerah dengan keluarnya kebijakan pihak sekolah SMU1. 

Bagaimana jika ada orang tua siswa yang tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan hal tersebut  ataukah wacana sekolah gratis hanya jargon kampanye semata. Dua sisi mata uang untuk menyikapi hal ini. (Isbah)
Berlangganan update artikel/berita terbaru via Email :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu